Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

SINGAPURA:  Harga emas turun untuk hari kedua sejalan dengan membaiknya sektor manufaktur di Amerika Serikat dan China, menambah bukti pemulihan global, sedangkan data menunjukkan bahwa kepemilikan produk yang diperdagangkan di bursa turun ke level terendah dalam tiga bulan.
 
Harga emas dipasar spot turun 0,6% menjadi US$1.653 per troy ounce dan diperdagangkan di US$ 1.653,65 pada pukul 3.45 di Singapura (2.45 WIB), setelah jatuh dari harga tertinggi dua pekan sebelumnya.
 
Manufaktur di AS dan China tumbuh pada  April dengan tingkat tercepat dalam satu tahun, meningkatkan spekulasi bahwa ekonomi terbesar dunia akan tahan terhadap dampak dari krisis utang di Eropa. 
 
Alan Krueger, ketua Dewan Gedung Putih Penasihat Ekonomi, kemarin mengatakan krisis Eropa menimbulkan beberapa risiko ke AS dan ekonomi global. 
 
Harga bulananan emas mint di Amerika jatuh pada April ke level terendah sejak Juni 2008.
 
"Harga Dolar reli pada rilis yang lebih baik dari perkiraan data manufaktur AS, dan harga emas turun," kata James Steel, analis HSBC Securities (USA) Inc, seperti dikutip Bloomberg.
 
Pengiriman emas Juni  tergelincir 0,4% menjadi US$1.655,90 per troy ounce di Comex, New York.  Dolar menguat untuk hari ketiga terhadap  enam mata uang sebelum laporan pekerjaan swasta yang diperkirakan menunjukkan perusahaan-perusahaan AS menambahkan pekerja pada April.
 
Sementara itu, harga emas telah meningkat 5,8% tahun ini ditengah ekspektasi kelonggaran kebijakan dari Federal Reserve.
 
Disisi lain, The Fed melakukan pelonggaran kebijakan kuantitatif sejak Desember 2008 sampai Juni 2011 dengan membeli US$2,3 triliun obligasi dalam dua putaran, untuk biaya pinjaman yang lebih rendah, mengurangi pengangguran dan memacu pertumbuhan.
 
HSBC Securities pada 29 April mengurangi  proyeksinya untuk harga emas rata-rata tahun ini menjadi US$1.760 dari US$1.850.
 
Menurut data Bloomberg, Platinum merupakan logam mulia yang kinerja baik tahun ini, turun 0,3% menjadi US$1.566,50 per troy ounce. Satu troy ounce  platinum seharga sedikitnya 0,9377 troy ounce  emas.
 
Harga perak dipasar spot turun 0,3% menjadi US$30,88 per troy ounce, dalam hari ketiga. Palladium, kinerja terburuk logam mulia tahun ini, dengan penuruna harga 0,7% menjadi US$$ 676,25 per troy ounce. (sut)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Bloomberg / Sekti Dewi Mayestika

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper