Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEBIJAKAN BOND REKAP gantikan SBI disiapkan

JAKARTA: Bank Indonesia mengkaji rencana menggunakan obligasi rekap sebagai instrumen moneter reverse repo pengganti Sertifikat Bank Indonesia.Kadiv Humas BI Difi Ahmad Djohansyah mengatakan upaya penyelesaian obligasi rekap itu terutama yang terkait

JAKARTA: Bank Indonesia mengkaji rencana menggunakan obligasi rekap sebagai instrumen moneter reverse repo pengganti Sertifikat Bank Indonesia.Kadiv Humas BI Difi Ahmad Djohansyah mengatakan upaya penyelesaian obligasi rekap itu terutama yang terkait neraca bank sentral."Rencananya obligasi rekap tersebut digunakan sebagai instrumen moneter pengganti SBI melalui reverse repo. Langkah ini persis dengan apa yang dilakukan BI terhadap surat utang negara [SUN] yang dimiliki oleh bank sentral," ujarnya kepada Bisnis, Kamis, 19 April 2012.  Reverse repo adalah transaksi pembelian surat berharga  peserta operasi pasar terbuka (OPT) kepada BI dengan kewajiban pembelian kembali pada harga dan waktu yang telah ditetapkan.OPT adalah kegiatan transaksi di pasar uang yang dilakukan oleh BI dengan bank atau pihak lain pada waktu yang telah ditetapkan.  Menurut Difi, obligasi rekap tersebut diubah menjadi surat utang  bisa diperdagangkan di pasar keuangan sehingga menambah stok instrumen moneter BI.Dia mengaku BI tidak mengalami kesulitan dengan maturity obligasi rekap yang berbeda karena sekaligus bisa membentuk yield curve yang diinginkan bank sentral. Namun, dia mengaku belum mengetahui kapan rencana ini bisa diterapkan. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : M. Munir Haikal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper