HARGA EMAS: Sambut sidang The Fed, emas naik ke US$1.643

JAKARTA: Harga emas untuk pengiriman Juni di New York naik 0,2% menjadi US$1.643,30 per ounce pukul 8.11 di Melbourne, sementara emas spot sedikit berubah pada US$1.642,47.
Wisnu Wijaya
Wisnu Wijaya - Bisnis.com 19 April 2012  |  07:57 WIB

JAKARTA: Harga emas untuk pengiriman Juni di New York naik 0,2% menjadi US$1.643,30 per ounce pukul 8.11 di Melbourne, sementara emas spot sedikit berubah pada US$1.642,47.

 

Harga emas berjangka jatuh untuk ketiga kalinya dalam 4 sesi kemarin sejalan kemajuan dolar yang menahan permintaan untuk logam mulia sebagai aset alternatif.

 

"Logam mulia, yang bergerak mengikuti ekuitas dan aset beresiko, kembali mengalami tekanan setelah ekuitas AS melemah akibat laporan laba yang mengecewakan di sejumlah perusahaan AS," tulis analis Platon Niaga Berjangka dalam outlook hari ini, 19 Arpil 2012.

 

Emas naik pada 2011 pada saat risk aversion tinggi. Sejak itu emas kembali ke perdagangan yang sejalan dengan komoditas lainnya dan terhadap dolar, yang sekarang jadi pilihan yang aman.

 

Analis Platon mengatakan pasar saat ini memusatkan perhatian pada sidang The Fed pekan depan, untuk melihat apakah ada indikasi akan digulirkannya putaran ketiga dari program quantitative easing.

 

Jika The Fed memutuskan untuk menjalankan program tersebut, maka bank sentral harus mencetak dolar lebih banyak lagi guna merangsang pertumbuhan ekonomi dalam negeri, hal ini akan memicu penguatan emas. (Bsi)

 

>> BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

+ Liga Champions: Di balik kekalahan REAL MADRID

+ SIAPA di belakang sepak terjang DAHLAN ISKAN?

+ Berita BISNIS INDONESIA hari ini: Akuisisi Bank Danamon TERGANJAL?

+ BURSA ASIA: NIKKEI tergelincir

+ Mau beli saham JAGUAR dan LAND ROVER?

+ Spanyol menyeret EURO terus terpuruk

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Puput Jumantirawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top