Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BAPEPAM LK: 35 AB lakukan transaksi tanpa rekening nasabah

 

 

JAKARTA: Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK)  mendapati 34 anggota bursa yang masih melakukan transaksi tanpa melalui rekening dana nasabah.
 
Ketua Bapepam-LK Nurhaida mengungkapkan pada 13 April 2012 pihaknya melakukan pendataan seluruh rekening yang ada di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), terkait dengan pembukaan rekening dana nasabah (RDN).
 
Dari pendataan tersebut, tuturnya diketahui sejumlah anggota bursa (AB) masih melakukan transaksi bagi nasabah yang belum memiliki RDN. 
 
“Terakhir, kami data ada 34 AB yang melakukan transaksi tanpa melalui RDN. Jumlah ini berkurang dari data Maret, dimana terdapat 37 AB yang melakukan hal tersebut,” ujarnya di Jakarta hari ini.
 
Nurhaida mengungkapkan saat ini pihaknya belum memberikan sanksi kepada para AB yang bersangkutan. Menurut dia, Bapepam-LK perlu menyelidiki terlebih dahulu penyebab terjadinya hal tersebut.
 
Dia menuturkan beberapa AB melaporkan sejumlah kendala yang dihadapi dalam pembukaan RDN, khususnya terkait dengan sistem. Jika demikian, lanjutnya maka tindakan AB yang melakukan transaksi tanpa melalui RDN tidak dapat dikatakan sebagai pelanggaran.
 
“Karena itu, saat ini kami masih terus melakukan review terhadap kendala pembukaan RDN. Kami tidak targetkan waktunya sampai kapan, yang pasti secepatnya akan kami bereskan,” ungkapnya. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper