Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GLOBAL BOND RI: Giliran Moody's beri peringkat Baa3

JAKARTA: Kabar penerbitan surat utang negara (SUN) global Indonesia hari ini disambut adanya riset pemeringkatan dari Fitch Ratings dan Moody's Investor Service.Dalam riset yang berbeda hari ini, 17 April 2012, Moody's memberikan peringkat provisional

JAKARTA: Kabar penerbitan surat utang negara (SUN) global Indonesia hari ini disambut adanya riset pemeringkatan dari Fitch Ratings dan Moody's Investor Service.Dalam riset yang berbeda hari ini, 17 April 2012, Moody's memberikan peringkat provisional (P) Baa3 dan Fitch memberikan peringkat BBB-(exp) untuk obligasi negara denominasi dolar yang segera diterbitkan tersebut.Christian de Guzman, AVP & Analyst Sovereign Risk Group Moody's Investors Service Singapore Pte Ltd, mengatakan peringkat Indonesia yang dinaikkan 18 Januari 2012 memiliki empat faktor utama.Keempatnya adalah:1. Antisipasi metrik keuangan pemerintah akan tetap berada di level Baa2. Ketahanan ekonomi Indonesia yang sudah terbukti tahan terhadap guncangan luar.3. Kebijakan penyangga dan perangkat yang melindungi kerentanan keuangan negara.4. Lebih sehatnya sistem perbankan yang mampu menahan guncangan.Dalam riset berbeda, Fitch Ratings juga memberikan peringkat ekspektasi terhadap rencana penerbitan SUN global pemerintah Indonesia di level BBB-(exp).Analis Utama & Direktur Fitch Philip McNicholas menilai peringkat obligasi yang akan jatuh tempo pada 2022 itu masih setara dengan peringkat jangka panjang kredit denominasi asing (issuer default rating/IDR) yang berada di level BBB-.Peringkat utang pemerintah jangka panjang denominasi rupiah juga berada di level yang sama, BBB-, dan dengan prospek peringkat stabil. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper