Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Emiten tambang dongkrak indeks

LONDON: Bursa Eropa beranjak ke posisi paling penting dalam pekan ini, tergiring rally saham pertambangan, setelah Federal Reserve memberi sinyal suku bunga yang akan tetap rendah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi AS.Rio Tinto Group dan BHP Billiton

LONDON: Bursa Eropa beranjak ke posisi paling penting dalam pekan ini, tergiring rally saham pertambangan, setelah Federal Reserve memberi sinyal suku bunga yang akan tetap rendah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi AS.Rio Tinto Group dan BHP Billiton Ltd (BHP) dengan kenaikan harga tembaga di tengah spekulasi China akan merilis angka produk yang lebih kuat dari perkiraan domestik bruto besok. Hays Plc (HAS) melonjak 8,9% setelah perusahaan perekrutan ini memperkirakan keuntungan yang nyaris menyamai perkiraan analis. Banco Espirito Santo SA (BES) kehilangan 11% setelah mengatakan akan menjual saham.Indeks Eropa Stoxx 600 (SXXP) menguat 1,2% menjadi 257,36 pada penutupan perdagangan, kenaikan terbesar sejak 2 April. Indeks itu telah mundur selama 3 pekan berturut-turut di tengah meningkatnya keprihatinan tentang krisis utang di kawasan ini dan sebagai laporan AS menunjukkan pengusaha menambahkan pekerjaan lebih sedikit Maret dari perkiraan."Apa yang kita lihat pekan lalu hanya koreksi," kata Morten Kongshaug, kepala strategi ekuitas di Danske Bank A/S di Kopenhagen, yang memiliki rating kelebihan berat badan pada ekuitas Eropa. "Krisis utang tetap khawatir terbesar saya, tapi pertama-laba kuartal memiliki banyak potensi untuk investor tenang, terutama jika mereka menunjukkan pemberi pinjaman Eropa lakukan baik saja."Sejumlah indeks nasional menguat di 15 dari 18 bursa Eropa barat. Inggris FTSE 100 menguat 1,3%, sementara DAX Jerman dan Perancis CAC 40 (CAC) naik 1%. Spanyol IBEX 35 merosot 0,8%. (Bloomberg/arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper