Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Bumi Resources Japan Co. Ltd, anak usaha PT Bumi Resources Tbk, mendapatkan fasilitas kredit US$27 juta atau setara dengan Rp243 miliar dari Nomura International Plc.
 
Fasilitas baru yang diperoleh pada 4 Januari 2012 itu terdiri dari  tranche A US$11,66 juta dan tranche B US$15,33 juta dengan bunga 9% per tahun.
 
PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) yang sebetulnya memakai dana tersebut bertindak sebagai penjamin, sedangkan Nomura Singapore Ltd menjadi arranger atau pengatur pinjaman.
 
Berdasarkan laporan keuangan audit 2011, dana tranche A hanya dapat digunakan untuk pembayaran sisa pokok fasilitas pinjaman lama.
 
Adapun tranche B di antaranya dipakai untuk kewajiban keuangan lain selain sisa pokok fasilitas pinjaman lama, pembayaran transaksi, dan pendanaan lain yang diperlukan untuk disimpan dalam deposit.
 
Di Bumi Japan, Bumi Resources menggenggam 87,09% saham perusahaan yang bergerak di jasa pemasaran di Jepang itu melalui BRMS yang dimiliki secara langsung sebesar 87,09%.
 
Direktur Utama Bumi Resources Ari Saptari Hudaya mengatakan perseroan mampu mencatatkan pertumbuhan penjualan yang mendorong laba bersih perseroan naik 6% menjadi US$220,52 juta tahun lalu dari tahun sebelumnya US$207,10 juta.
 
Sepanjang tahun lalu, pendapatan perseroan mencapai US$4 miliar atau setara dengan Rp36 triliun (asumsi US$1=Rp9.000) naik 37% dari tahun sebelumnya US$2,92 miliar. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hery Trianto
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper