Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASTRA INTERNATIONAL raih peringkat BBB-

JAKARTA: Standard & Poor's Ratings Services menetapkan peringkat jangka panjang BBB- terhadap  PT Astra International Tbk dengan prospek stabil.Pada saat yang sama, S&P juga menetapkan peringkat jangka panjang dalam skala regional Asean

JAKARTA: Standard & Poor's Ratings Services menetapkan peringkat jangka panjang BBB- terhadap  PT Astra International Tbk dengan prospek stabil.Pada saat yang sama, S&P juga menetapkan peringkat jangka panjang dalam skala regional Asean untuk Astra pada level  axA-.Hasil pemeringkatan itu mencerminkan profil kredit Astra pada level BB+ dengan stand-alone credit profile (SACP) dan satu notch lebih tinggi karena adanya dukungan dari perusahaan induknya  Jardine Strategic Holdings Ltd. Saat ini, Jardine Group memiliki peringkat  A- dengan prospek stabil.Analis Kredit S&P Wee Khim Loy menjelaskan peringkat tersebut mencerminkan pandangan lembaga peringkat tersebut terhadap profil risiko bisnis Astra yang fair dan risiko finansial perseroan yang rendah.Menurutnya, peringkat SACP Astra sama dengan peringkat jangka panjang Indonesia dalam mata uang asing yang ditetapkan pada level BB+ dengan prospek positif."Kami memiliki ekspektasi utang Astra akan lebih rendah dalam enam bulan hingga 18 bulan mendatang. Pada saat yang sama, perseroan juga bisa menghasilkan arus kas dalam mata uang asing dari hasil penjualan komoditas untuk memenuhi kewajiban membayar utang," paparnya melalui riset yang dikirim ke Bisnis, Selasa, 3 April 2012.  Dia menambahkan Astra memiliki posisi yang bagus di pasar modal dan fleksibilitas keuangan yang memadai. Hal ini disebabkan banyak anak usahanya yang listing di pasar modal, mempunyai tingkat keuntungan yang bagus, dan memiliki posisi pasar yang bagus.Menurutnya, peringkat SACP  satu notch lebih tinggi mencerminkan dukungan dari Jardine Group dan menunjukkan Astra memiliki posisi yang strategis bagi perusahaan induk. Dia menilai Jardine Group memiliki sejarah mengelola dan mengendalikan bisnis intinya dalam jangka panjang. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : M. Munir Haikal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper