Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RIGHTS ISSUE: BTN cari dana Rp5 triliun

JAKARTA: PT Bank Tabungan Negara Tbk mencari dana senilai Rp5 triliun dari penawaran saham terbatas dan penerbitan obligasi. BTN akan menawarkan obligasi senilai Rp2 triliun dengan tenor 10 tahun pada awal semester II tahun ini.Penerbitan obligasi BTN

JAKARTA: PT Bank Tabungan Negara Tbk mencari dana senilai Rp5 triliun dari penawaran saham terbatas dan penerbitan obligasi. BTN akan menawarkan obligasi senilai Rp2 triliun dengan tenor 10 tahun pada awal semester II tahun ini.Penerbitan obligasi BTN melengkapi rencana perseroan untuk menggelar penawaran saham terbatas (rights issue) yang ditargetkan meraup dana Rp3 triliun.Direktur Utama BTN Iqbal Latanro mengungkapkan surat utang yang dijual ini masuk dalam program obligasi berkelanjutan senilai total Rp4 triliun. Perusahaan sekuritas yang ditunjuk menjadi penjamin pelaksana emisi obligasi ini adalah PT Danareksa Sekuritas, PT CIMB Securities Indonesia, dan PT Indo Premier Securities."Awal semester II, kami masuk ke pasar menawarkan obligasi senilai Rp2 triliun," ujarnya kepada Bisnis, siang ini, 2 April 2012.Kementerian BUMN telah menyetujui rencana BTN menggelar rights issue meski jumlah saham pemerintah akan turun dari 72,92% menjadi 60%. Setiap tahun, BTN menerbitkan obligasi untuk mendukung ekspansi kredit perseroan ke sektor perumahan yang memiliki tenor panjang.Kredit BTN pada akhir tahun lalu mencapai Rp63,6 triliun, naik 23,31% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp51,5 triliun. Selain itu, jumlah dana pihak ketiga perseroan mencapai Rp61,9 triliun, tumbuh 30,34% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp47,5 triliun. (Faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya
Sumber : M. Munir Haikal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper