Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA EMAS: Imlek jadi pemicu kenaikan harga

SINGAPURA: Harga emas terus naik dalam 5 hari terakhir, reli terpanjang dalam lebih dari 2 bulan, karena meningkatnya permintaan jelang tahun baru Imlek.Harga spot emas naik 0,3% menjadi US$1.616,22 per ounce, dan diperdagangkan pada US$1.614,77 pukul

SINGAPURA: Harga emas terus naik dalam 5 hari terakhir, reli terpanjang dalam lebih dari 2 bulan, karena meningkatnya permintaan jelang tahun baru Imlek.Harga spot emas naik 0,3% menjadi US$1.616,22 per ounce, dan diperdagangkan pada US$1.614,77 pukul 10.34 di Singapura. Logam ini menyentuh US$1.618.25 kemarin, level tertinggi sejak 21 Desember, karena ketegangan antara Eropa dan Iran meningkat atas program nuklirnya.Emas lantakan pengiriman Februari maju 0,3% menjadi US$1.617,50 di bursa Comex di New York."Pembelian diharapkan meningkat sejalan makin dekatnya Tahun Baru China. Mungkin ada beberapa orang yang lebih memilih untuk memegang fisik dan menjual ketika harga naik," kata Dick Poon, Manajer Perdagangan Logam Mulia di Heraeus Ltd, seperti dikutip Bloomberg.Menurut Frost & Sullivan, tradisi memberikan emas untuk pernikahan, ulang tahun, dan hari libur termasuk Imlek di China, pasar perhiasan emas terbesar kedua, dapat meningkatkan konsumsi sebesar 35% pada 2012. Pasar China tutup liburan mulai 23 Januari hingga seminggu berikutnya."Tahun ini adalah Tahun Naga, dan Anda akan melihat tidak hanya China sebagai konsumen besar, tapi juga Taiwan, Hong Kong, Vietnam, Thailand," Frank Holmes, CEO US Global Investor Inc .Menurut Holmes sebagian besar masyarakat di wiayah itu akan membeli emas untuk pemberian hadiah karena ada keterikatan emosional dengan naga sebagai semangat hidup kewirausahaan dan itu menguntungkan. (Taufikul Basari/sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper