Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

THE BRIC: India izinkan investor asing beli saham

MUMBAI: Pemerintah India akan mengizinkan investor individu asing membeli langsung ekuitas lokal sejalan dengan upaya negara itu mendorong arus masuk modal dan mengurangi volatilitas di bursa saham.Peraturan baru dari bank sentral dan regulator pasar

MUMBAI: Pemerintah India akan mengizinkan investor individu asing membeli langsung ekuitas lokal sejalan dengan upaya negara itu mendorong arus masuk modal dan mengurangi volatilitas di bursa saham.Peraturan baru dari bank sentral dan regulator pasar saham itu diperkirakan mulai efektif pada 15 Januari, ungkap pernyataan pemerintah hari ini. Pada saat ini, investor individu hanya dapat menanamkan modal pada saham India melalui apa yang disebut participatory notes.Langkah ini sudah diantisipasi sejak Oktober 2010 ketika seorang pejabat Kemenkeu mengatakan perubahan itu menjadi pertimbangan R. Gopalan, sekretaris ekonomi pada Kemenkeu. Dia memberikan konfirmasi pada 15 November.Aturan baru ini akan memperluas kelas investor, menarik lebih banyak dana asing dan mengurangi volatilitas pasar saham. Investor asing menarik US$495,5 juta dari saham India tahun lalu, dibandingkan dengan rekor arus masuk US$29,4 miliar pada 2010.BSE India Sensitive Index turun 25% pada 2011 saat investor asing khawatir bahwa pelemahan ekonomi AS dan krisis utang di Eropa bakal menggerus profit perusahaan. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper