Keren.., Pertamina dapat rating tertinggi AAA

JAKARTA: PT Pertamina (Persero) hari ini mendapat sertifikat rating tertinggi AAA dari PT Pefindo. Hal ini menunjukkan kemampuan Pertamina sebagai korporasi untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 07 Desember 2011  |  19:29 WIB

JAKARTA: PT Pertamina (Persero) hari ini mendapat sertifikat rating tertinggi AAA dari PT Pefindo. Hal ini menunjukkan kemampuan Pertamina sebagai korporasi untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya.

 
VP Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun mengatakan pemberian sertifikat rating Pefindo ini atas permintaan Pertamina untuk di-exercise secara menyeluruh. 
 
“Pengakuan ini membuktikan bahwa sebagai perusahaan yang sedang bergerak cepat menjadi world class energy company, Pertamina memiliki prospek yang sangat menarik buat para investor,” ujarnya dalam keterangan resmi, hari ini. 
 
AAA adalah rating tertinggi yang diberikan Pefindo kepada sebuah perusahaan, sedangkan rating yang terendah adalah D. Posisi Pertamina terhadap perusahaan Indonesia lainnya dinilai oleh Pefindo dengan kemampuan superior. 
 
Harun mengatakan Pefindo melakukan exercise terhadap tiga hal yakni risiko industri, risiko bisnis, dan risiko finansial. Selain itu, Pefindo juga melakukan review terhadap data-data finansial, operasi, laporan keuangan, penjualan, piutang, dan lain lain. Dari aspek-aspek tersebut, lanjut Harun, Pefindo melihat Pertamina memiliki risiko yang sangat kecil untuk tidak memenuhi komitmen jangka panjangnya. 
 
“Rating AAA ini berarti risikonya dianggap sama dengan negara,” jelas Harun. 
 
Harun mengatakan Pefindo juga melakukan wawancara kepada semua level manajemen untuk mengetahui bagaimana rencana jangka panjang Pertamina ke depan dan juga pengaruh kebijakan pemerintah terhadap perusahaan BUMN ini. 
 
“Selain itu, Pefindo juga melakukan site visit yaitu mengunjungi unit-unit operasi Pertamina secara random mulai dari hulu hingga hilir,” ujarnya. (ln)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top