Nikkei 225 tertinggi dalam 6 bulan

JAKARTA: Nikkei 225 Stock Average naik ke level tertinggi dalam hampir 6 bulan setelah 6 bank sentral mengambil kebijakan untuk menyelamatkan krisis Eropa dan penurunan giro wajib minimum di China.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 01 Desember 2011  |  10:28 WIB

JAKARTA: Nikkei 225 Stock Average naik ke level tertinggi dalam hampir 6 bulan setelah 6 bank sentral mengambil kebijakan untuk menyelamatkan krisis Eropa dan penurunan giro wajib minimum di China.

Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, bank terbesar di Jepang berdasarkan nilai pasar, naik 3,7%. Komatsu Ltd, produsen mesin konstruksi yang diperhitungkan China sebagai pertumbuhan pasar tercepat, melonjak 6,4%. Mitsui O.S.K. Lines Ltd memimpin pengiriman SMBC Nikko Securities Inc ke posisi tinggi pada perusahaan di sektor ini, di mana saham telah merosot sekitar setengah tahun ini.
 
Nikkei 225 naik 2% menjadi 8,609.63 pada 11:03 di Tokyo, tercatat sebagai penutupan tertinggi sejak 9 November. Indeks itu turun 6,2%bulan lalu di tengah kekhawatiran bahwa krisis Eropa menyebar ke wilayah perekonomian yang lebih besar. Indeks Topix yang lebih luas naik 1,7% menjadi 740,42 hari ini.
 
"Kebijakan bank sentral adalah cara yang efektif untuk mengatasi situasi kritis saat ini," kata Mitsushige Akino, yang mengawasi sekitar US$600 juta pada Ichiyoshi Investment Management Co, di Tokyo.
 
Indeks Standard & Poor 500 melonjak 4,3% di New York kemarin, kenaikan terbesar sejak 11 Agustus, setelah Federal Reserve dan 5 bank sentral lainnya mengambil tindakan yang membantu untuk mengatasi krisis utang Eropa.
 
Kontrak pada indeks S&P tergelincir 0,3% hari ini.
Mitsubishi UFJ Financial naik 3,7% menjadi 340 yen. Sumitomo Mitsui Financial Group Inc, pemberi pinjaman nomor 2 terbesar di Jepang, naik 2,9% menjadi 2.150 yen. (ln)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Lahyanto Nadie/Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top