Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah jatuh ke 9.218 per dolar

JAKARTA: Rupiah kembali jatuh 1,9% menjadi 9.218 per dolar AS pukul 10.33 waktu Jakarta, level terendah sejak Juni 2010. Pelemahan juga terjadi pada sebagian besar mata uang Asia lain seperti won Korea Selatan yang melemah 0,4% menjadi 1.156,66

JAKARTA: Rupiah kembali jatuh 1,9% menjadi 9.218 per dolar AS pukul 10.33 waktu Jakarta, level terendah sejak Juni 2010. Pelemahan juga terjadi pada sebagian besar mata uang Asia lain seperti won Korea Selatan yang melemah 0,4% menjadi 1.156,66 per dolar dan peso Filipina turun 0,3% menjadi 43,605. Penurunan terjadi sejalan melemahnya Iindeks Saham  MSCI Asia Pasifik setelah nilai euro terhadap mendekati level terlemahnya dalam 7 minggu. Penurunan terjadi setelah terjadi kekurangan permintaan dalam lelang obligasi Jerman. "Kondisi kerusakan di Eropa telah naik secara signifikan dan mata uang Asia bergerak seiring pelemahan euro," kata Suresh Kumar Ramanathan, ahli strategi mata uang CIMB Investment Bank Bhd di Kuala Lumpur. Kemarin Deputi Gubernur Bank Indonesia Hartadi A. Sarwono mengatakan Bank Indonesia akan tetap di pasar untuk mengurangi volatilitas rupiah. Menurutnya pelemahan itu lebih karena sentimen negatif  gejolak ekonomi global. “Kami masih melihat pelemahan rupiah ini akibat sentimen global. Jadi jangan khawatir berlebihan. Mudah-mudahan cepat teratasi,” katanya. Kemarin rupiah turun 0,7% ke  9.110 per dolar dibandingkan penutupan sebelumnya pada 9.045 per dolar. (Taufikul Basari)(api) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper