Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Eropa seret pelemahan harga minyak lebih dalam

News Editor
News Editor - Bisnis.com 18 November 2011  |  09:47 WIB
SINGAPURA: Analis memperkirakan harga minyak jatuh minggu depan di tengah kecemasan bahwa krisis utang Eropa akan menyebar dan akan melemahkan permintaan.
 
Sinyal penyebaran krisis terlihat ketika kemarin Spanyol menjual 3,56 miliar euro (US$4,8 miliar) obligasi baru bertenor 10 tahun dengan imbal hasil rata-rata hampir 7%, terbesar sejak era euro. 
 
Harga minyak sempat melonjak ke level tertinggi dalam 5 pekan setelah Enbridge Inc mengatakan akan membalikkan arah pipa Seaway, yang menambahkan jalan keluar untuk mengangkut dari AS tengah dan Kanada ke pantai Teluk Meksiko.
 
"Pada saat prospek ekonomi lemah dan produksi minyak naik, harga lebih dari US$100 kemungkinan hanya membuktikan ketidakstabilan, tak masalah ke arah mana mereka menjalankan pipa Seaway,” kata Tim Evans, analis energi Citi Futures Perspective di New York.
 
Sebanyak 18 dari 36 analis, atau 50%, memperkirakan minyak akan jatuh paada minggu depan. 
 
Adapun 11 atau 31% memperkirakan keuntungan, dan 7 atau 19% mengatakan akan ada sedikit perubahan. Pekan lalu, 58% dari mereka yang disurvei memproyeksikan penurunan.
 
Harga minyak mentah untuk pengiriman Desember turun 59 sen menjadi US$98,40 per barel pekan ini di New York Mercantile Exchange. Minyak berjangka turun 3,7% kemarin, terbesar sejak 28 September.
 
Survei Bloomberg terhadap analis dan pedagang minyak dilakukan setiap Kamis, meminta penilaian apakah berjangka minyak mentah cenderung naik, jatuh atau tetap netral dalam minggu mendatang. 
 
Survei ini benar memprediksi arah harga produk berjangka 47% dari pertama kali dimulai pada April 2004. (arh)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Taufikul Basari

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top