Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investor tinggalkan Jepang akibat skandal Olympus

JAKARTA: Saham Jepang jatuh untuk hari kedua dan Indeks Topix turun 1,7% menjadi 738,03 pada penutupan perdagangan 3 pm di Tokyo.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 08 November 2011  |  17:18 WIB

JAKARTA: Saham Jepang jatuh untuk hari kedua dan Indeks Topix turun 1,7% menjadi 738,03 pada penutupan perdagangan 3 pm di Tokyo.

Olympus jatuh 29%, memimpin penurunan pada Nikkei 225, yang jatuh 1,3%. Nomura Holdings Inc anjlok 15% ke posisi terendah setidaknya sejak 1974 setelah skandal Olympus memicu kekhawatiran tentang tata kelola perusahaan Jepang.
 
"Para investor institusional akan meninggalkan pasar Jepang sampai mereka mengkonfirmasi ini merupakan kasus yang terisolasi," kata Koichi Kurose, kepala ekonom pada Resona Bank Ltd di Tokyo  yang mengawasi dana setara dengan US$68 miliar. "Beberapa investor individu mungkin berpikir bahwa jika ada satu kecoa, mungkin ada 10 lebih."
 
Penurunan terbatas juga terjadi di tempat lain di Asia. MSCI Asia Pacific Index turun 0,8% menjadi 118,87, berayun antara keuntungan dan kerugian, menjelang pemilihan parlemen hari ini yang dapat menentukan apakah Perdana Menteri Silvio Berlusconi bisa meraih dukungan mayoritas. Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 tergelincir 0,5%.
 
"Orang-orang khawatir tentang situasi Italia sekarang," kata Angus Gluskie, yang mengelola lebih dari US$350 juta pada White Funds Management di Sydney. "Kita perlu melihat beberapa jenis resolusi dan perbaikan di sana sebelum investor benar-benar nyaman." (ln)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Lahyanto Nadie/Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top