Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Krisis Eropa kilaukan harga emas

LONDON: Harga emas naik ke level tertinggi dalam 6 minggu di London karena kekhawatiran tentang krisis utang Eropa mendorong permintaan untuk logam sebagai perlindungan kekayaan.Sekutu Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi menekan dia untuk menyingkir

LONDON: Harga emas naik ke level tertinggi dalam 6 minggu di London karena kekhawatiran tentang krisis utang Eropa mendorong permintaan untuk logam sebagai perlindungan kekayaan.Sekutu Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi menekan dia untuk menyingkir setelah terjadi penularan krisis utang di kawasan itu mendorong biaya pinjaman Italia mencatat rekor selama era-euro.Kondisi ini turut dibayangi kesepakatan Perdana Menteri Yunani George Papandreou untuk mundur, menyebabkan pasar ekuitas Eropa turun."Harga emas menanggapi suasana pasar secara umum bahwa krisis Eropa akan berkembang jauh lebih buruk sebelum menjadi lebih baik," kata Bayram Dincer, analis LGT Capital Management di Pfaeffikon, Swiss.Dincer  menambahkan saat ini tidak ada solusi yang langgeng untuk ke depan dan ketidakpastian masih tetap tinggi.Harga emas untuk pengiriman segera naik US$18,70 atau 1,1% ke US$1.773,35 per ounce, harga tertinggi sejak 22 September. Harga berada di US$1.766,98 pukul 9:07 di London.Adapun harga emas untuk pengiriman Desember 0,7% lebih tinggi pada US$1.768,60 di Comex di New York.Emas lantakan mencatat kenaikan dalam 11 tahun terakhir, menjadikannya penguatan tahunan terpanjang sejak 1920 di London.Harga mencapai rekor US$1.921,15 per ounce pada 6 September karena para investor berusaha untuk mendiversifikasi aset mereka jauh dari pasar ekuitas dan beberapa mata uang. Harga logam ini naik 24% tahun ini.Siap mundurSementara itu Papandreou bertemu dengan Antonis Samaras, pemimpin partai oposisi utama, dan setuju untuk turun untuk memungkinkan pembentukan pemerintah persatuan nasional.Pemerintahan itu dimaksudkan untuk mengamankan pembiayaan internasional dan mencegah runtuhnya perekonomian negara.Tindakan Papandreou sempat menggemparkan dalam 10 hari terakhir yang dimulai saat dia mengamankan bailout kedua dari Uni Eropa.Dia kemudian membuat pasar bergolak dengan secara sepihak memutuskan untuk menempatkan soal penyelamatan ke dalam referendum, rencana yang dia gagalkan sendiri.Di tempat terpisah dua sekutu Berlusconi membelot ke oposisi pekan lalu. Enam orang lain menyerukan Berlusconi untuk mengundurkan diri dan membentuk pemerintah yang didukung lebih luas. Hal itu disampaikan dalam sebuah surat pembaca kepada harian Corriere della Sera.David Lennox, analis sumber daya Fat Prophets, mengatakan belum ada tindakan nyata yang terlihat yang dapat meringankan krisis Eropa. Fat Prophets adalah lembaga riset pasar saham internasional yang berbasis di Australia."Pasar masih berharap ada berita buruk keluar dari Eropa. Mungkin bukan dari Yunani. Mereka sekarang melihat tetangganya di Italia dan saat semua itu masih ada, harga emas umumnya akan naik," kata Lennox.Sementara itu harga perak untuk pengiriman segera turun 0,3% menjadi US$34,05 per ounce.Harga palladium turun 0,3% pada US$654,25 per ounce, sedangkan platinum melemah 0,2% menjadi US$1.630,75 per ounce. (Taufikul Basari/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper