Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Bursa efek Jepang naik untuk hari kedua, memangkas kerugian mingguan di rata-rata saham Nikkei 225, yang dipengaruhi oleh  tindakan pejabat Eropa untuk mengatasi krisis utang sehingga mendorong keyakinan akan prospek pendapatan bagi eksportir Asia.
 
Fanuc Corp, produsen robot industri yang meraih 75% dari penjualan di luar negeri, meningkat 4,3%. Softbank Corp melonjak 6,5%. Sony Corp turun 3,7% setelah Nomura Holdings Inc memangkas rating investasi pembuat elektronika konsumen tersebut.
 
Nikkei 225 naik 1% menjadi 8,605.62 pada penutupan perdagangan pada pukul 3 sore di Tokyo. Indeks Topix bertambah 0,6% menjadi 741,55 hari ini setelah Bank Sentral Eropa mengambil langkah untuk memastikan bank-bank lokal dapat meminjam uang.
 
Indeks Standard & Poor 500 menguat 1,8% kemarin, setelah Menteri Keuangan Timothy F. Geithner mengatakan bank-bank AS telah menjadi lebih kuat. Saham juga naik setelah laporan menunjukkan klaim untuk manfaat pengangguran AS naik kurang dari perkiraan minggu lalu. Saham berjangka pada S&P 500 turun 0,2% hari ini.
 
Presiden Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet kemarin mengatakan ECB akan melanjutkan pembelian sekuritas berbasis mortgage dan memperkenalkan kembali pinjaman selama setahun bagi bank. Di London, Bank of England meningkatkan program pembelian aset oleh lebih dari sepertiga sampai 275 miliar pound (US$425 miliar).
 
"Kedua bank sentral tentu bersedia untuk mencoba mencegah dislokasi pasar," kata Kolonial First State's Allen. "Itu positif untuk aset berisiko."
 
Bank of Japan mempertahankan suku bunga acuan semalam antara nol dan 0,1%, katanya dalam sebuah pernyataan hari ini. Gubernur Masaaki Shirakawa dan koleganya juga tidak berubah sikap atas pinjaman bank dan pembelian aset program.
 
Robot Fanuc naik 4,3% menjadi 10.980 yen. Nissan Motor Co, produsen mobil nomor tiga terbesar di Jepang, naik 2,2% menjadi 701 yen. Mazda Motor Corp, yang mendapat sekitar 60% dari penjualan di luar negeri, naik 2,1% menjadi 147 yen.
 
Bank-bank Jepang naik seperti yang terjadi pada Mitsubishi UFJ Financial Group Inc, pemberi pinjaman terbesar di Jepang, naik 0,6%menjadi 328 yen. Sumitomo Mitsui Financial Group Inc, kreditur nomor 2 di Jepang, naik 0,6% menjadi 2.081 yen.
 
"Kami bertekad untuk melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk memastikan bahwa bank-bank Eropa mampu memainkan peran penting mereka dalam memberi pinjaman," kata presiden komisi, Jose Barroso, kepada wartawan di Brussels kemarin.
 
Softbank melonjak 6,5% menjadi 2.456 yen dan KDDI naik 1,4% menjadi 568.000 yen. KDDI, yang akan bersaing dengan Softbank dalam menawarkan iPhone Apple Inc di Jepang, akan dikenakan biaya 13% lebih untuk unlimited download data nirkabel dibandingkan saingan yang lebih kecil.
 
KDDI "telah mulai dengan menghindari persaingan harga," kata Goldman Sachs Group Inc dalam laporannya hari ini.
 
Sony turun 3,7% menjadi 1.415 yen setelah Nomura memangkas rating menjadi "netral" dari "beli," mengatakan perusahaan akan mengalami kesulitan memotong biaya di bisnis televisi. (ln)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Lahyanto Nadie/Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper