Harga emas terkoreksi 4,7% dalam sepekan

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 September 2011  |  14:30 WIB

 

MELBOURNE: Koreksi harga emas pekan ini ditetapkan sebagai yang terdalam selam lebih dari 2 tahun setelah bank sentral eropa atau ECB dan pembuat kebijakan internasional berkoordinasi untuk meminjamkan dolar ke zona euro sehingga membatasi permintaan aset aman. 
 
Harga emas lantakan (bullion) untuk pengiriman segera turun 1,5% menjadi US$1.762,68 per ounce, level terendah sejak 26 Agustus, dan berada di US$1.769 pada pukul 14:37 waktu Melbourne. 
 
Dalam pekan ini, harga logam ini telah jatuh 4,7%, penurunan mingguan terburuk sejak 27 Februari 2009. emas untuk pengiriman Desember turun 0,5% ke US$1.772.
 
Seorang analis Fat Prophets David Lennox mengatakan bahwa saat ini mulai terlihat pengikisan faktor ketakutan yang jadi pendukung emas sebagai aset safe haven. 
 
Dalam 11 tahun terakhir emas berada dalam tren kuat, di mana tahun ini harganya melonjak 24% didorong oleh kirisi utang global. Rekor harga terkhir terjadi 6 September pada US$1.921,15.
 
ECB mengatakan telah berkoordinasi dengan Federal Reserve, Bank of England, Bank of Japan dan Swiss National Bank untuk memperpanjang pinjaman 3 bulan kepada bank-bank zona euro dalam upaya memastikan mereka punya cukup uang untuk sisa tahun ini. 
 
Sementara itu para pemimpin Perancis dan Jerman mengonfirmasi bahwa minggu ini mereka akan mendukung keberlanjutan partisipasi Yunani ke dalam mata uang bersama. 
 
Presiden ECB Jean-Claude Trichet menakan pemerintah di kawasan euro untuk mengambil tindakan tegas guna menghentikan krisis utang. Trichet mengatakan pertemuan menteri keuangan di Wroclaw, Polandia, hari ini perlu untuk menunjukkan "kesatuan tujuan" yang sama seiring upaya bank sentral itu memberikan dolar ekstra.
 
Adapun harga perak untuk pengiriman segera turun 0,9% menjadi US$39,48 per ounce, atau telah melemah 4,8% dalam minggu ini.
 
Spot platinum turun 1% menjadi US$1.768,50 per ounce, level terendah sejak 11 Agustus, sebelum diperdagangkan di US$1.772,75. Harga palladium turun 0,6% menjadi US$721 per ounce. (Taufikul Basari/sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Bloomberg

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top