Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hartadi: nilai tukar rupiah masih nyaman

JAKARTA: Bank Indonesia telah menggelar intervensi dan pembelian surat berharga negara (SBN) rupiah  untuk mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah.Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Hartadi A. Sarwono mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah merupakan

JAKARTA: Bank Indonesia telah menggelar intervensi dan pembelian surat berharga negara (SBN) rupiah  untuk mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah.Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Hartadi A. Sarwono mengatakan pelemahan nilai tukar rupiah merupakan penyesuaian dengan situasi di pasar keuangan global."Pergerakan nilai tukar rupiah masih berada dalam comfort zone," ujarnya siang ini.Dia menjelaskan nilai tukar rupiah menyesuasikan dengan depresiasi mata uang lain. "Sebelumnya nilai tukar rupiah relatif bertahan sedangkan mata uang lainnya sudah melemah cukup lebar. Ini merupakan penyesuaian."Direktur Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan bank sentral sudah menggelar stress test terhadap situasi keuangan saat ini."Kami sudah perkirakan situasi ini [pelemahan nilai tukar]. Tetapi lebih cepat dari perkiraan karena situasi di kawasan Eropa yang memburuk."Nilai tukar rupiah pada pukul 15.09 WIB telah melemah 2,61% menjadi Rp8.889 terhadap dolar AS dibandingkan kemarin sebesar Rp8.663. Pergerakan ini melanjutkan pelemahan kemarin sebesar 0,58%.(mmh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper