Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malindo jaminkan aset

JAKARTA: PT Malindo Feedmill Tbk, emiten pakan ternak dan peternakan unggas, berniat menjaminkan asetnya untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lain.Hal itu terungkap di dalam pengumuman perseroan hari ini di surat kabar yang memuat

JAKARTA: PT Malindo Feedmill Tbk, emiten pakan ternak dan peternakan unggas, berniat menjaminkan asetnya untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lain.Hal itu terungkap di dalam pengumuman perseroan hari ini di surat kabar yang memuat agenda rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB). Rapat itu dijadwalkan pada 29 September di Hotel Gran Mahakam, Jakarta. Namun, tidak ditunjukkan besaran atau tujuan dari penjaminan aset tersebut.Perusahaan yang dipimpin oleh Lau Chia Nguang itu sedang menyiapkan dana pengembangan usaha sebesar Rp240 miliar pada semester II/2011 dari total belanja modal (capital expenditure) tahun ini sebesar Rp280 miliar. Dana itu disiapkan guna merealisasikan ekspansi bisnis tahun ini.Sepanjang semester I/2011, emiten berkode saham MAIN ini hanya membelanjakan Rp40 miliar dari alokasi belanja modal Rp80 miliar untuk membangun beberapa pabrik farm parent stock baru (bibit) di Kalimantan dan Jawa.Pada paruh kedua tahun ini, perseroan akan menggenjot pengembangan bisnis dengan anggaran yang sudah disiapkan tersebut. Sumber dana tersebut rencananya berasal dari pinjaman bank lokal sebesar 70%-80%, sementara sisanya melalui kas internal perseroan.Harga saham perseroan yang berkode MAIN terapresiasi pagi ini Rp10 atau 0,87% ke Rp1.160. Posisi itu membentuk kapitalisasi pasarnya Rp1,96 triliun dan rasio harga saham terhadap laba bersihnya (price to earnings ratio/PER) 8,18 kali.Data Bursa Efek Indonesia menunjukkan pemegang saham perseroan terdiri dari Dragon Amity Ltd 77%, Socgen Spore BR-Cust Assets Account 5%, dan publik 18%.Perseroan memiliki empat anak usaha yaitu PT Bibit Indonesia, PT Prima Fajar, PT Leong Ayamsatu Primadona, dan PT Quality Indonesia.Malindo juga baru membuat anak usaha di bidang makanan olahan seperti nugget dan sosis, mengembangkan fokus usaha sebelumnya yang baru di industri hulu dengan mendirikan anak perusahaan baru dengan nama PT Malindo Food Delight.(mmh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper