Tiga pemda tahun depan terbitkan obligasi daerah

 
Teguh Purwanto
Teguh Purwanto - Bisnis.com 13 September 2011  |  19:00 WIB

 

JAKARTA: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memperkirakan ada dua hingga tiga pemerintahan daerah (pemda) yang akan menerbitkan surat utang (obligasi) pada tahun depan.
 
Direktur Utama Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Ronald Tauviek Andi Kasim mengatakan pada tahun ini ada lima pemda yang melakukan proses pemeringkatan atau financial management assessment (FMA), yakni Makasar, Balikpapan, DKI Jakarta, Bandung, dan Surabaya. 
 
Pefindo, lanjutnya, menangani FMA untuk dua Pemda yakni Makasar dan Balikpapan. Sementara FMA tiga pemda lainnya dilakukan oleh Standard&Poor’s. 
 
"FMA ini sama seperti corporate rating, jadi dilakukan sebelum mereka menerbitkan obligasi. Tahun ini ada lima pemda yang melakukan FMA, kami menangani untuk Makasar dan Balikpapan. FMA-nya selesai dalam bulan ini atau bulan depan. Dari lima pemda, setidaknya ada 2-3 pemda yang bisa obligasi tahun depan, karena mereka juga sudah familiar dengan proses rating," ujarnya hari ini.
 
Ronald menyebutkan salah satu pemda yang sudah siap untuk menerbitkan obligasi adalah Pemprov DKI Jakarta senilai Rp1,7 triliun. Obligasi Pemda dilakukan untuk membantu pendanaan dalam proyek infrastruktur.
 
"Paling siap memang DKI Jakarta. Seharusnya kan tahun ini, tetapi karena satu dan lain hal obligasi mereka mundur tahun depan. FMA sudah selesai, tinggal rating untuk obligasinya," jelasnya.
 
Dia berharap Pefindo bisa menangani untuk melakukan pemeringkatan obligasi Pemda DKI Jakarta. 
 
"Semoga untuk rating obligasinya bisa dilakukan oleh kami. Kalau kami melakukan rating akan memberikan skala lokal, banyak kategori untuk membedakan satu pemda dengan pemda lainnya, termasuk membedakan rating pemda dengan rating korporasi."  (Kholikul Alim/sut)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top