Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vallares akan merger dengan Genel

JAKARTA: Emiten Inggris milik keluarga Rotschild, Vallares plc, berencana merger dengan Genel Energy International Ltd dengan melakukan penerbitan saham baru senilai total US$2,1 miliar atau senilai Rp17,97 triliun. Aksi korporasi tersebut juga akan

JAKARTA: Emiten Inggris milik keluarga Rotschild, Vallares plc, berencana merger dengan Genel Energy International Ltd dengan melakukan penerbitan saham baru senilai total US$2,1 miliar atau senilai Rp17,97 triliun. Aksi korporasi tersebut juga akan disusul dengan mengubah nama emiten itu menjadi Genel Energy plc. Dalam pengumumannya hari ini di London Stock Exchange, perusahaan akan menerbitkan 130,6 juta saham senilai 10 poundsterling per saham dengan skema akuisisi terbalik (reverse takeover) terhadap perusahaan target. Genel International yang diklaim merupakan produsen minyak terbesar di daerah Kurdistan-Iraq. Aksi itu menyusul aksi korporasi Vallares sebelumnya yang sukses menggalang dana sebesar US$2 miliar untuk mengembangkan bisnis minyak buminya. Dana dari penerbitan saham baru itu rencananya akan digunakan untuk mengakuisisi 100% Genel yang akan membuat Vallares dan Genel memiliki porsi yang sama di bisnis yang sudah terintegrasi. ujar CEO Vallares Anthony B. Hayward dalam keterbukaan informasi bursa Inggris itu sore ini. "Genel Energy plc akan memiliki mayoritas direktur independen dan dapat memenuhi seluruh ketentuan dari peraturan tata kelola perusahaan di Inggris. Kami berharap dapat melakukan premium listing [untuk saham itu] pada awal 2012," ujar Rodney Chase, Non-Executive Chairman Vallares dalam keterbukaan informasi itu.Saham Vallares yang berkode VLRS berada pada level 995 pence (1 poundsterling setara 240 pence) dengan pada perdagangan terakhir pada 6 September. Harga itu membentuk kapitalisasi pasarnya sebesar 1,29 miliar poundsterling. Transaksi saham langsung perusahaan disuspen otoritas bursa Inggris begitu keterbukaan informasi diumumkan. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper