Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BAT lepas sebagian sahamnya di Bentoel

JAKARTA: British American Tobacco (2009 PCA) Ltd (BAT) melepas sebagian kepemilikannya di PT Bentoel Internasional Investama Tbk kepada UBS AG London senilai Rp737,61 miliar.Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia hari ini, Pengacara BAT Neil

JAKARTA: British American Tobacco (2009 PCA) Ltd (BAT) melepas sebagian kepemilikannya di PT Bentoel Internasional Investama Tbk kepada UBS AG London senilai Rp737,61 miliar.Dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia hari ini, Pengacara BAT Neil Wadey mengatakan penjualan dilakukan terhadap 970,54 juta saham dengan harga Rp760.Penjualan itu dilakukan untuk memenuhi peraturan Bapepam-LK No.IX.H.1 tentang Pengambilalihan Perusahaan Terbuka, terkait dengan akuisisi BAT terhadap Bentoel dari PT Rajawali Corpora pada 2009 silam.Setelah transaksi itu, tuturnya, BAT akan memiliki sebanyak 6,19 miliar saham atau sebanyak 85,55% saham Bentoel. Per akhir kuartal I/2011, BAT memiliki 99,14% saham Bentoel atau 7,17 miliar saham.Dalam akuisisi pada 2009, BAT mengakuisisi 85% saham Bentoel dari Rajawali Corpora dan pemegang saham lain pada harga Rp873 sehingga seluruh dana yang dikeluarkan perusahaan adalah US$494 juta.Peraturan Bapepam-LK mewajibkan akuisisi 80% perusahaan terbuka harus diikuti aksi penawaran tender (tender offer) kepada pemegang saham lain. Aksi itu juga harus disusul pelepasan saham kembali sebanyak porsi hasil tender offer maksimal selama 2 tahun setelah akuisisi.Peraturan Bapepam-LK No.IX.H.1 juga mewajibkan pelepasan saham harus dilakukan sehingga saham yang dilepas dimiliki minimal oleh 300 pihak.Harga saham Bentoel yang berkode RMBA ditutup terapresiasi Rp40 atau 5,33% ke level Rp790 hari ini. Harga itu membentuk kapitalisasi pasarnya Rp5,17 triliun dan rasio harga saham terhadap laba bersihnya (price to earnings ratio/PER) sebesar 16,75 kali. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper