Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi kopi India capai rekor

BANGALORE, India: Produksi kopi di India, penghasil terbesar ketiga di Asia, diperkirakan meningkat 6,7% ke rekor pada tahun depan dibantu cuaca yang baik dan kemungkinan peningkatan ekspor akan menekan harga robusta.Dewan kopi India mengatakan panen

BANGALORE, India: Produksi kopi di India, penghasil terbesar ketiga di Asia, diperkirakan meningkat 6,7% ke rekor pada tahun depan dibantu cuaca yang baik dan kemungkinan peningkatan ekspor akan menekan harga robusta.Dewan kopi India mengatakan panen pada tahun ini yang dimulai 1 Oktober mendatang diperkirakan naik jadi 322.250 metrik ton dari 302.000 ton tahun lalu. Mereka menyebutkan produksi arabika dapat naik 11% menjadi 104.525 ton, sementara pasokan robusta akan melaju 4,8% menjadi 217.725 ton tahun depan.Pasokan dari India, yang mengekspor hampir dua pertiga dari produksinya, akan mengerem harga kopi robusta yang melonjak 24% dalam 5 bulan pertama tahun ini, sebelum meluncur 4% pada Juni."Cuaca yang baik dan kondisi tanaman, juga harga yang relatif stabil mendorong praktek pengembangbiakan yang lebih baik, membantu memperkuat produksi di Karnataka," kata dewan kopi. Karnataka memproduksi sekitar 70% dari total output negara.Kopi India pengiriman dalam rentang 1 Oktober 2010 - 21 Juli 2011 melompat 303.680 ton senilai US$887,46 juta, dibandingkan dengan 213.508 ton senilai US$454,53 juta tahun sebelumnya. Negara ini mengekspor 268.989 ton pada 2010/2011. Tujuan utama ekspor kopi India adalah Italia dan Rusia.Harga arabika berjangka di New York melompat ke level tertinggi dalam 14 tahun pada Mei, meningkatkan biaya produsen makanan seperti Nestle SA dan dan Kraft Foods Inc., seiring berkurangnya panen dan menyusutnya persediaan karena tingginya permintaan.Kopi robusta untuk pengiriman September naik 2,1% menjadi US$2.044 per ton di London. Kopi arabika untuk pengiriman September naik 0,4% menjadi US$ 2,4165 per pon di New York. (23/faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper