Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pefindo naikkan peringkat BCA Finance

JAKARTA: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat PT BCA Finance dan obligasi yang sudah diterbitkan pada 2007 dan 2010 menjadi idAA+ dari sebelumnya idAA dengan prospek stabil.Pada kesempatan yang sama, Pefindo juga menaikan peringkat

JAKARTA: PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat PT BCA Finance dan obligasi yang sudah diterbitkan pada 2007 dan 2010 menjadi idAA+ dari sebelumnya idAA dengan prospek stabil.Pada kesempatan yang sama, Pefindo juga menaikan peringkat Obligasi Subordinasi BCA Finance I/2010 menjadi idAA dari sebelumnya idAA-. Pefindo juga memberikan peringkat Obligasi IV/2011 yang diterbitkan anak usaha PT Bank Central Asia Tbk ini sebesar Rp1,1 triliun pada level idAA+. Analis Pefindo Hendro Utomo dan Dimas Rizki Aditya menilai peningkatan peringkat tersebut seiring dengan posisi perusaan pembiayaan itu yang memberikan kontribusi cukup penting bagi induk usaha, BCA."Penaikan peringkat itu begitu dipengaruhi oleh posisi multifinance ini yang cukup penting bagi induk usahanya yakni BCA sebagai pemegang saham," katanya dalam keterangan resmi, hari ini.Peringkat tersebut juga merefleksikan pangsa pasar yang cukup kuat dari BCA Finance serta tingkat aset yang cukup dipertahankan dengan baik. Namun demikian, peringkat tersebut agak terancam dengan ketatnya persaingan bisnis pembiayaan saat ini.Untuk Obligasi III/2010 Seri A sebesar Rp211,5 miliar yang akan jatuh tempo pada 23 Juni 2011, Pefindo menilai perusahaan akan mampu memenuhi kewajibannya dengan menggunakan dana internal kas yang berasal dari cicilan pembayaran piutang pembiayaan dari nasabah.Saham BCA Finance dimiliki oleh BCA sebesar 99,6% dan sisanya BCA Finance Ltd (0,4%). Perusahaan saat ini bergerak pada pembiayaan mobil dan kini disokong 34 cabang yang tersebar di kota besar di seluruh Indonesia. Per 31 Desember 2010, BCA Finance mempekerjakan karyawan sebanyak 1.709 karyawan. (bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper