Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Komputer kembali ngadat, bursa Eropa tetap rally

LONDON: Saham-saham bursa Eropa menguat setelah pada pembukaan sempat mengalami gangguan sistem komputer perdagangan kedua kali dalam 2 hari terakhir yang menghambat transaksi di 10 segmen pasar.Otoritas perdagangan di Paris, Brussels, Amsterdam, Luksembur

LONDON: Saham-saham bursa Eropa menguat setelah pada pembukaan sempat mengalami gangguan sistem komputer perdagangan kedua kali dalam 2 hari terakhir yang menghambat transaksi di 10 segmen pasar.Otoritas perdagangan di Paris, Brussels, Amsterdam, Luksembur dan Lisabon menunda perdagangannya dalam sistem transaksi terbesar di Belanda dan Belgia selama 2 jam karena gangguan teknis pada sistem komputer yang berbasis di New York.Dampaknya sangat signifikan terhadap perdagangan obligasi, saham, hingga transaksi valuta asing."Gangguan ini tak hanya memberikan ketidaknyamanan tetapi juga membuat ketidakpastian karena pasar tak bisa dibuka," kata Luis Benguerel, pialang Interbrokers Espanola di Barcelona, Spanyol.Pembukaan perdagangan saham di seluruh pasar Euronext tertunda beberapa jam karena kegagalan sistem komputer. Matinya sistem komputer tersebut baru terjadi pada tahun ini di Eropa di tengah adanya keinginan perubahan regulasi dan penggunaan mekanisme alternatif.Seluruh transaksi bursa dimulai pada pukul 11:05 siang waktu Paris. Indeks AEX Belanda dan BEL Belgia juga normal mulai pukul 11 siang. Caroline Tourrier, juru bicara NYSE Euronext di Paris, tak bisa dihubungi untuk dimintai keterangan.Namun saham-saham Eropa justru naik di tengah spekulasi PM Yunani George Papandreou akan memenangkan voting untuk langkah pencegahan krisis utang. Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,6% pada 11:30 di London. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper