Beberapa komoditas rempah RI bisa peroleh harga premium

News Editor
News Editor - Bisnis.com 29 Mei 2011  |  09:24 WIB

JAKARTA: Harga rempah Indonesia dapat ditingkatkan menjadi premium price dengan pemberian sertifikasi organik dan paten komoditas khusus.

Pemberian sertifikat produk organik pada rempah-rempah Indonesi perlu dilakukan untuk mengangkat harga di pasar dunia. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Rempah Indonesia Pasril Wahid dalam diskusi bertajuk Revitalisasi Rempah Indonesia Sabtu pekan lalu.

Menurut dia, produksi rempah Indonesia sudah dilakukan secara organik, tinggal diberikan sertifikasi untuk memberikan jaminan kepada konsumen.

"Jaminan bahwa rempah Indonesia itu organik bisa membuat petani mendapat harga premium, sehingga tingkat kesejahteraannya ikut terangkat," kata Pasril yang juga Ketua Masyarakat Rempah Indonesia itu.

Dia mengungkapkan ada kekhawatiran dari Eropa mengenai kelangkaan rempah berkualitas di waktu mendatang. Menurutnya petani rempah tidak perlu menggunakan pupuk nonorganik dan pestisida karena hanya akan menghasilkan rempah yang merusak lingkungan dan tidak sesuai kebutuhan.

"Pertanian organik sedang menjadi perhatian Eropa dan itu harus dimanfaatkan petani rempah sehingga bisa mendapat harga premium, dan akhirnya petani terus tergerak untuk menanam," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Direktur Tanaman Rempah dan Penyegar di Direktorat Jenderal Perkebunan Azwar AB yang memandang perlunya usaha memperbaiki kondisi petani rempah Indonesia. "Visi kami adalah sinergi untuk peningkatan produksi dan kesejahteraan petani," tuturnya.(api)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Lingga Sukatma Wiangga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top