Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cipaganti Citra incar IPO Rp1 triliun

BALIKPAPAN: PT Cipaganti Global Corporindo segera merealisasikan penawaran 30% hingga 40% saham perdana anak usahanya, PT Cipaganti Citra Graha, pada semester II/2011 ini untuk meraih dana Rp1 triliun.

BALIKPAPAN: PT Cipaganti Global Corporindo segera merealisasikan penawaran 30% hingga 40% saham perdana anak usahanya, PT Cipaganti Citra Graha, pada semester II/2011 ini untuk meraih dana Rp1 triliun.

Saat ini, perusahaan sedang menggelar seleksi penjamin emisi untuk membantu initial public offering (IPO) tersebut.Direktur Utama PT Cipaganti Global Corporindo (holding company) Andianto Setiabudi mengatakan rencana IPO anak usaha mereka telah ada sejak 2010. Awalnya mereka menargetkan dapat mulai melantai di bursa pada semester I/2011.Namun, karena masih belum siapnya dokumen dan melihat perkembangan pasar, rencana tersebut baru bisa direalisaikan pada semester II/2011 ini.Kami telah berencana untuk melakukan IPO pada Cipaganti Citra Graha pada Semester II/2011. Ini mundur dari perkiraan kami semula yang direncanakan semester I/2011, katanya hari ini.IPO ini dilakukan untuk memperkuat permodalan anak usaha mereka yang bergerak di bidang layanan jasa transportasi dan alat berat tersebut. Terkait jumlah saham yang akan dilepas, Andi mengatakan sekitar 30%-40%. Dengan komposisi tersebut mereka tetap bisa menjalankan usaha yang telah mereka rintis. Tadinya yang akan go public adalah holding, tetapi akhirnya kami mengambil [keputusan] yang IPO adalah Cipaganti Citra Graha. Setelah itu baru Cipaganti Inti Resources yang ditargetkan dapat terealisasi pada semester I/2012, tuturnya. Advisor Financial Cipaganti Group Iwan Purnawan mengatakan Cipaganti siap untuk melakukan IPO karena perusahaan dalam kondisi sehat dan akan terus tumbuh. Dengan kinerja yang baik ini, diharapkan pasar akan menyambut IPO dengan respon yang baik.Kami telah siap melakukan IPO karena kami akan terus tumbuh. Kinerja ini kami harapkan mampu memberi respon yang baik dalam pasar, tuturnya.Iwan menuturkan perusahaan tengah menyeleksi penjamin emisi untuk proses IPO. Nantinya penjamin tersebut terdiri dari beberapa sekuritas yang membentuk konsorsium. "Kami masih melakukan beauty contest untuk penjamin emisi. Ada beberapa yang dibidik. Kalau satu sekuritas kan risikonya besar jadi nanti bentuknya konsorsium," tegasnya.Beberapa perusahaan sekuritas yang sedang dijajaki adalah PT Trimegah Sekuritas, PT Ciptadana Securities dan perusahaan sekuritas plat merah (BUMN) seperti Mandiri Sekuritas dan Danareksa."Untuk Cipaganti Citra Grha kami targetkan dapat meraup dana segar Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun. Kalau untuk Ciptaganti Inti Resources nanti kita lihat dulu sesuai perkembangan," kata Iwan.Cipaganti Citra Graha awalnya bergerak dalam bisnis penyewaan mobil dan jasa pariwisata (travel), selanjutnya mengembangkan sayap ke bisnis penyewaan alat berat. Unit usaha alat berat mereka pun awalnya hanya ada di Kalimantan. Setelah berkembang, anak usaha ini melakukan perluasan jaringan dengan mendirikan usaha penyewaan alat berat di Jawa dan Sumatera.Cipaganti Citra Graha memiliki armada alat berat sebanyak 500 unit dan ditargetkan meningkat menjadi 1.000 unit pada 2011, seiring kegiatan sektor pertambangan yang kian bergairah. Dari jumlah tersebut, 65% diantaranya berasal dari merek Komatsu yang merupakan partner bisnis mereka. (mmh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper