Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan depan indeks cenderung menguat

JAKARTA: Indeks harga saham gabungan diprediksi akan kembali melanjutkan penguatan pada pekan ini dan mencetak level baru di 3.850, setelah berhasil menembus level psikologis di atas 3.800 pada pekan lalu. Analis PT Infovesta Utama Praska Putrantyo mengatakan

JAKARTA: Indeks harga saham gabungan diprediksi akan kembali melanjutkan penguatan pada pekan ini dan mencetak level baru di 3.850, setelah berhasil menembus level psikologis di atas 3.800 pada pekan lalu. Analis PT Infovesta Utama Praska Putrantyo mengatakan indeks akan bergerak di kisaran 3750-3853. Penguatan indeks pada pekan ini akan didorong oleh sejumlah sentimen positif dari Amerika Serikat (AS), diantaranya ekspektasi positif pada earnings season pekan depan atas kinerja kuartal I/ 2011 emiten-emiten di AS, termasuk 3 emiten besar Wall Street, yaitu Exxon Mobil, Coca Cola, dan Caterpillar."Ekspektasi positif pada rilis data-data ekonomi AS yang krusial juga turut mendorong laju IHSG pekan ini," ujarnya kepada Bisnis hari ini.Praska mengungkapkan rilis data-data ekonomi AS yang positif, diantaranya data penjualan rumah per Maret yang diprediksi naik menjadi 280.000 unit dari sebelumnya, 250.000 unit dan indeks keyakinan konsumen per April yang diprediksi naik menjadi 64,4 dari sebelumnya 63,4.Dia menambahkan prediksi The Fed Rate yang masih stabil di level 0,25% serta klaim pengangguran mingguan yang diprediksi turun menjadi 390.000 dari sebelumnya 403.000 juga mampu menjadi katalis positif bagi laju indeks pekan ini.Dari dalam negeri, Praska menuturkan sentimen positif terhadap pergerakan IHSG berupa ekspektasi inflasi rendah atau deflasi selama April 2011. Meski demikian, antisipasi terhadap earnings season kuatal I/ 2011 dari sejumlah emiten dalam negeri bisa menekan laju indeks.Senada dengan Praska, analis PT Danareksa Sekuritas Yuga Nur Wijanarko mengatakan IHSG akan bergerak menguat di kisaran 3.750-3.850. Meski berpotensi untuk terkoreksi, dia menambahkan koreksi itu tidak akan tajam dan indeks akan mengalami rebound."Kemungkinan akan ada koreksi di awal karena profit taking, tapi setelah itu indeks akan kembali menguat dan menembus rekor baru," tuturnya.Yuga mengungkapkan penguatan indeks pada pekan ini akan didorong oleh penguatan bursa regional yang sedang dalam tren bullish. Selain itu, tambahnya inflasi yang rendah dan ekspektasi kinerja emiten pada kuartal I/ 2011 juga akan menjadi sentimen positif bagi indeks.Saham-saham yang masih layak dikoleksi pada pekan ini, menurut Yuga diantaranya saham dari sektor properti dan batu bara melalui ELTY, ASRI, ADRO, dan PTBA. Adapun saham yang kemungkinan akan melemah, menurutnya adalah saham-saham sektor perbankan dan konsumer.Sementara itu, Praska merekomendasikan saham-saham dari sektor barang konsumen, alat berat, properti, kelapa sawit, dan batu bara melalui GGRM, UNVR, UNTR, HEXA, AALI, BWPT, ASRI, CTRA, ADRO, BORN, dan ITMG. (dj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Rustam-nonaktif

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper