Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

'Tahun ini momentum bagus listing di bursa'

JAKARTA: Bapepam-LK mengimbau sejumlah perusahaan untuk memanfaatkan keadaan ekonomi yang baik untuk mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).Kepala Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Riil Bapepam-LK, Anis Baridwan mengatakan sejak periode

JAKARTA: Bapepam-LK mengimbau sejumlah perusahaan untuk memanfaatkan keadaan ekonomi yang baik untuk mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).Kepala Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Riil Bapepam-LK, Anis Baridwan mengatakan sejak periode 2005-2010, rata-rata pertumbuhan emiten baru yang mencatatkan diri (listing) di BEI adalah sekitar 11 perusahaan. Untuk tahun ini diharapkan pertumbuhan emiten baru bisa lebih tinggi lagi.Pertumbuhan emiten baru pada 2005-2010 rata-rata hanya 11 perusahaan. Jadi supply yang ada belum [terserap] optimal, ujarnya, hari ini.Dia menyayangkan masih banyak perusahaan yang memiliki kinerja baik namun belum tercatat di BEI. Padahal perusahaan-perusahaan itu idealnya bisa memanfaatkan keadaan ekonomi dan pasar modal yang diprediksi terus membaik.Sebentar lagi kita [Indonesia] akan masuk ke investment grade, sehingga kepercayaan pasar internasional juga akan naik. Saat ini perusahaan yang melantai di BEI masih belum sesuai harapan. Masih ada perusahaan baik yang belum melantai. Tahun ini momentum yang pas," tuturnya.Anis mengatakan dengan mengubah status perusahaan menjadi perusahaan terbuka dapat membantu untuk meningkatkan good corporate governance (GCG) serta nilai (value) dari perseroan.Bapepam-LK juga terus berupaya memberikan kemudahan untuk proses IPO dengan merevisi aturan tata cara IPO yang lebih sederhana namun kualitas keterbukaan tetap terjaga. Selain itu perlindungan terhadap investor juga terus ditingkatkan dengan menambah jumlah penyidik di Bapepam-LK. (yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper