Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minyak di atas US$100 di perdagangan Asia

SINGAPURA: Harga minyak dunia berada di atas kisaran US$100 per barel di perdagangan Asia pagi ini di tengah-tengah kekhawatiran situasi di Mesir yang akan mengganggu pasokan minyak melalui Terusan Suez.Mesir memang bukanlah produsen minyak utama dunia,

SINGAPURA: Harga minyak dunia berada di atas kisaran US$100 per barel di perdagangan Asia pagi ini di tengah-tengah kekhawatiran situasi di Mesir yang akan mengganggu pasokan minyak melalui Terusan Suez.Mesir memang bukanlah produsen minyak utama dunia, namun merupakan lokasi dari Terusan Suez yang sangat penting untuk mengalirkan 2,4 juta barel minyak per hari, setara dengan produksi minyak Irak atau Brazil.

Kontrak utama New York, minyak mentah jenis light sweet pengiriman Maret turun 22 sen ke posisi US$91,97 per barel, sementara minyak mentah Brent North Sea juga untuk penyerahan Maret turun 57 sen menjadi US$100,44 per barel, bahkan sempat menyentuh US$101,73 semalam, tingkat tertinggi sejak Oktober 2008.

Pada perdagangan Senin (31/1), di bursa London, harga minyak ICE Brent untuk kontrak Maret ditutup naik US$1,59 per barel ke posisi US$101,73 per barel. Sementara minyak WTI light sweet di pasar New York untuk pengiriman Maret naik hingga US$2,85 menjadi US$93,19 per barel.

"Untuk Brent, kami masih dapat melihat kecenderungan naik lagi jika ketegangan masih terus berlanjut. Hal itu akan terus memberikan dorongan terhadap harga minyak," kata Ong Yi Ling, analis investasi pada Phillip Futures di Singapura. (yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper