Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Pemerintah membeli kembali obligasi negara yang dilelang hari ini sebesar Rp272 miliar. Sebelumnya, lelang pembelian kembali obligasi negara dilakukan dengan cara penukaran (debt switch) menggunakan fasilitas Ministry of Finance Dealing System (MOFiDS).

Debt switch hari ini penawaran masuk Rp597 miliar, dimenangkan pemerintah Rp272 miliar, kata Dirjen Pengelolaan Utang Rahmat Waluyanto hari ini.

Adapun peserta lelang menawarkan 8 Seri Obligasi Negara dari 28 seri obligasi negara yang jatuh tempo mulai tahun 2011 hingga 2018. Jumlah penawaran yang disampaikan oleh peserta lelang sebesar Rp597 miliar dan jumlah yang dimenangkan oleh pemerintah adalah sebesar Rp272 miliar.

Dari kedelapan seri obligasi negara yang ditawarkan, pemerintah memenangkan seri FR0017, FR0026, FR0027 masing-masing Rp50 miliar, FR0030 Rp120 miliar dan FR0028 Rp2 miliar.

Sementara itu, total realisasi penerbitan SBN selama tahun 2010 adalah sebesar Rp161,9 triliun. Rahmat menegaskan buyback hari ini adalah yang terakhir dan pemerintah tidak akan melakukan buyback lagi di 2010.

Realisasi penerbitan SBN Rp161,9 triliun dan tidak ada lagi lelang buyback tahun ini, katanya.

Sedangkan untuk tahun depan, lanjutnya, pemerintah menargetkan jumlah pembiayaan sebesar Rp200 triliun. Namun hingga hari ini, pemerintah belum menentukan berapa jumlah global bond dan berapa yang akan diterbitkan di dalam negeri.

Tahun depan jumlahnya Rp200 triliun, tapi komposisinya belum ditentukan. Januari baru kita tentukan, katanya.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper