Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sentimen pemulihan ekonomi angkat saham AS

SAO PAOLO: Saham AS naik, menyempurnakan pemulihan index S&P 500 dari keterpurukannya yang terjadi menyusul runtuhnya Lehman Brothers Holdings Inc. pada 2008 setelah prediksi Adobe Systems Inc. memunculkan spekulasi pertumbuhan laba tercepat dalam 22

SAO PAOLO: Saham AS naik, menyempurnakan pemulihan index S&P 500 dari keterpurukannya yang terjadi menyusul runtuhnya Lehman Brothers Holdings Inc. pada 2008 setelah prediksi Adobe Systems Inc. memunculkan spekulasi pertumbuhan laba tercepat dalam 22 tahun terakhir memberi daya tarik dalam investasi ekuitas.Indeks acuan saham AS naik 0,6% menjadi 1.254,60 pada pukul 4 di New York, melampaui level penutupannya pada 12 September 2008 di level 1.251,70, sesi terakhir sebelum Lehman Brothers yang berbasis di New York mengalami kebangkrutan terbesar di dunia. Perkembangan ekonomi yang mulai berjalan pada Juni 2009 telah memberikan indeks saham kenaikan sebesar 85% sejak turun ke level terendahnya dalam 12 tahun terakhir pada 9 Maret 2009 di level 676,53, memulihkan nilai ekuitas AS sebesar US$7 triliun.Pengeluaran dari pemerintah AS dan Federal Reserve guna merangsang ekonomi dan lebih dari 70% perusahaan di S&P 500 mengalahkan perkiraan keuntungan dengan rekor enam kuartal berturut-turut yang mendorong ekuitas naik. Indeks tersebut akan berakhir pada 2011 di level 1.374, menurut perkiraan rata-rata 11 ahli strategi di bank terbesar milik Wall Street tersebut, yang menghasilkan reli terbesar dalam 3 tahun terakhir sejak 1997-2000."Lehman Brothers benar-benar pemicu dari terciptanya rasa takut ini dan kami masih belum sepenuhnya mengatasi rasa takut ini tetapi kami sedang dalam proses penyembuhan. Pergerakan agresif yang dilakukan oleh Fed setelah peristiwa Lehman dan yang masih berjalan saat ini telah menjadi poros penggerak terpenting untuk stabilisasi harga saham. Pertumbuhan masih akan terasa sulit tetapi perbaikan ekonomi secara alami mulai terjadi," kata Jeffrey Coons, presiden Manning & Napier Advisors Inc di Fairport, New York, yang mengelola US$35 miliar. "Adobe, pembuat program desain grafis, naik 6%. Bank-bank meraih kenaikan terbesar dari 24 kelompok industri dalam indeks S&P 500 setelah Dominion Bank berbasis di Toronto, Kanada, setuju untuk membeli Chrysler Financial Corp., hal ini meningkatkan harapan investor akan lebih banyak transaksi dalam industri. Macy's Inc. dan Limited Brands Inc. naik sedikitnya 1,5% seiring indeks penjualan toko di peretail AS mencatat lonjakan terbesar musim liburan ini. Indeks S&P 500 naik selama empat hari berturut-turut dan naik 10 kali pada 11 hari sebelumnya. Dow Jones Industrial Average, yang menghapus penurunannya pasca peristiwa Lehman Brothers bulan lalu, naik 55,03 poin atau 0,5% menjadi 11.533.16.Laba sebagian perusahaan di indeks S&P 500 diproyeksikan meningkatkan 14% tahun depan dan 13% pada tahun 2012, menurut perkiraan analis yang disusun oleh Bloomberg. Indeks acuan dari perdagangan saham terbesar AS untuk rata-rata 12,9 kali perkiraan tahun berikutnya untuk laba yang dikombinasikan, dibandingkan dengan harga rata-rata rasio pendapatan sebesar 16,4 sejak 1956, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. (t06/msw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper