Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sektor energi angkat bursa AS

NEW YORK: Sebagian besar saham AS naik bersama dengan indeks S&P 500 yang masih di level tertingginya dalam 2 tahun terakhir setelah kenaikan minyak mengangkat saham energi dan para analis merekomendasikan saham perusahaan dari Huntington Bancshares

NEW YORK: Sebagian besar saham AS naik bersama dengan indeks S&P 500 yang masih di level tertingginya dalam 2 tahun terakhir setelah kenaikan minyak mengangkat saham energi dan para analis merekomendasikan saham perusahaan dari Huntington Bancshares Inc. hingga MetroPCS Communications Inc. Mata uang euro melemah karena diturunkannya peringkat beberapa kreditur asal Irlandia.Indeks S&P 500 naik 0,3% menjadi 1.247,08 pada pukul 4 di New York dan naik setinggi 1.250,2 kurang dari dua poin dibawah level penutupannya sebelum Lehman Brothers Holdings Inc. mengalami kebangkrutan pada September 2008. Euro turun terhadap 15 mata uang dari 16 mata uang utama lainnya, yang turun sebanyak 1,2% ke level rendah di 1,2636 franc.Imbal hasil 10 tahunan Departemen Keuangan mengalami sedikit perubahan 3,33% menghapus penurunan sebelumnya. Biaya untuk melindungi obligasi perusahaan AS dari penurunan ke level terendah 8 bulan terakhir di penutupan.Saham energi memotori kenaikan di indeks S&P 500 seiring minyak mendekati level US$89 per barel di tengah optimisme pertumbuhan ekonomi akan bergerak cepat tahun depan. Data yang ada minggu ini menunjukan kemungkinan ekonomi AS tumbuh 2,8% kuartal lalu dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,5%, menurut survei para ekonom. Saham AS pulih dari penurunan berikutnya yang dipicu ketika Moody's Investors Service menurunkan rating dua kreditur berbasis di Dublin ke level buruk."Di AS, situasi semakin membaik dari sudut pandang perusahaan dan ekonomi. Namun, kegelisahan global masih akan ada untuk sementara waktu dan hal itu yang meningkatkan kerentanan pasar terhadap berita apapun yang muncul," ungkap Alan Gayle, ahli strategis investasi senior di RidgeWorth Capital Management, Richmond, Virginia, yang mengelola dana sebesar US$52,5 miliar.Indeks S&P 500 naik sekitar 12% pada 2010 di tengah peningkatan laba perusahaan dan upaya Federal Reserve untuk memompa lebih banyak uang ke dalam perekonomian. Huntington Bancshares naik 4,7% hari ini setelah Bank of America Corp merekomendasikan Columbus, kreditur berbasis di Ohio. MetroPCS Communications melonjak 5,5% seiring RBC Capital Markets menaikkan level perusahaan ponsel tersebut menjadi "outperform." Chesapeake Energy Corp. naik cepat 8,8% setelah investor Carl Icahn menambahkan sahamnya di perusahaan produsen gas alam tersebut.American Express Co. turun 3,4% memotori penurunan Dow Jones Industrial Average setelah Stifel Nicolaus & Co. memotong rating sahamnya. Boeing Co. turun 2,7% karena kekhawatiran 787 Dreamliner miliknya akan kembali mengalami penundaan penerbangan. Indeks 30 saham Dow average tergelincir 13,78 poin atau 0,1% menjadi 11.478,13. (t06/msw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper