Saham Eropa berguguran di tengah kekhawatiran utang Spanyol

LONDON: Beberapa saham Eropa mengalami penurunan hingga memangkas kenaikan tertinggi dalam enam bulan setelah layanan investor Moody mempertimbangkan peringkat utang Spanyol.
Yanto Rachmat Iskandar | 16 Desember 2010 00:36 WIB

LONDON: Beberapa saham Eropa mengalami penurunan hingga memangkas kenaikan tertinggi dalam enam bulan setelah layanan investor Moody mempertimbangkan peringkat utang Spanyol.

Saham Banco Santander SA, bank terbesar di Spanyol, dan Banco Bilbao Vizcaya Argentaria SA mengalami penurunan di Madrid kemarin. Inditex SA terperosok 5.5% setelah peritel pakaian terbesar di dunia ini melaporkan melambatnya pertumbuhan laba perusahaan.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup melemah 0.4% menjadi 276,53 di London setelah sebelumnya turun 0.7%. Indeks telah naik dalam tujuh hari berturut-turt setelah China menahan diri untuk menaikkan suku bunganya dan laporan data AS yang memperkuat kepercayaan perekonomian negara ini.

Sebanyak 10 dari 18 indeks acuan saham nasional di pasar Eropa mengalami penurunan. CAC 20 turun 0,6% sementara FTSE 100 dan DAX sama-sama melemah 0,2%.

Indeks Spanyol, IBEX 35 turun 1,5% setelah setelah Moodys mempertimbangkan surat utang negara berdenominasi mata uang lokal dan luar negeri peringkat Aa1. Moody mengatakan bahwa Spanyol akan membutuhkan 170 miliar euro pada tahun depan.

Para pemimpin Uni Eropa akan bertemu besok di Brussels untuk membahas pembentukan sebuah mekanisme tetap untuk menopang negara-negara yang berutang. Pada KTT pada 16 dan 17 Desember kelompok tersebut akan menghadapi sikap skeptis investor tentang kesiapan mereka untuk membendung krisis utang yang telah mengharuskan Uni Eropa memberikan dana talangan untuk Yunani dan Irlandia hingga mengancam krisis ini menyebar ke negara lain.

Saham Santander turun 2,6% menjadi 8,15 euro dan BBVA, bank terbesar kedua di Spanyol, turun 2% menjadi 7,83 euro di Madrid setelah Moody's mengeluarkan peringatan bahwa utang Spanyol mungkin meningkat akibat biaya rekapitalisasi industri perbankan.

Harga saham Novartis rally 4,9% menjadi 56,25 franc Swiss setelah perusahaan setuju untuk membayar US$12,9 miiliar untuk saham Alcon yang belum dimiliki oleh perusahaan. Pembayaran akan dikombinasikan dengansaham Novartis dengan nilai US$168 per saham. Direktur Komite Independen Alcon telah menyetujui hal ini. (t03/mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top