Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah divestasi 4 BUMN

JAKARTA: Pemerintah berencana mendivestasi 30% sahamnya di empat BUMN pada tahun depan melalui penawaran saham perdana (initial public offering/IPO). BUMN yang akan dilepas sahamnya ke pasar modal adalah PT Inti, PT Semen Baturaja, PT Hutama Karya, dan

JAKARTA: Pemerintah berencana mendivestasi 30% sahamnya di empat BUMN pada tahun depan melalui penawaran saham perdana (initial public offering/IPO). BUMN yang akan dilepas sahamnya ke pasar modal adalah PT Inti, PT Semen Baturaja, PT Hutama Karya, dan PT Jasindo. Rencana divestasi empat BUMN ini akan diajukan ke Komite Privatisasi yang dipimpin oleh Menko Perekonomian.

Deputi Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian BUMN Achiran Pandu Djajanto mengungkapkan detail skema divestasi perusahaan milik negara akan diputuskan oleh Komite Privatisasi yang dipimpin oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

"Tahun depan, kami berencana melepas 30% saham di PT Inti, Semen Baturaja 30%, Hutama Karya, dan Jasindo," ujarnya siang ini.

Dia mengatakan pelepasan saham BUMN melalui IPO berdampak positif terhadap peningkatan nilai perusahaan. Menurut dia, pemerintah cenderung memilih opsi IPO untuk melepas saham BUMN supaya perusahaan semakin transparan.

"Nilai kapitalisasi pasar BUMN yang dilepas sahamnya di pasar modal mengalami peningkatan. Meski kepemilikan pemerintah di BUMN merosot karena dilepas sahamnya ke pasar modal tetapi secara nilai justru meningkat.""

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper