Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apresiasi mata uang Asia berlanjut

JAKARTA: Apresiasi mata uang Asia diperkirakan akan terus berlanjut sampai dengan tahun depan, ditopang pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) dan aliran masuk modal asing.Ekonom Senior Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan mengatakan derasnya aliran

JAKARTA: Apresiasi mata uang Asia diperkirakan akan terus berlanjut sampai dengan tahun depan, ditopang pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) dan aliran masuk modal asing.Ekonom Senior Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan mengatakan derasnya aliran masuk modal asing (capital inflow) dari negara-negara maju ke negara berkembang Asia menyebabkan penguatan nilai tukar mata uang di kawasan tersebut secara berkelanjutan.

Pada tahun depan, pertumbuhan ekonomi negara-negara di Asia masih lebih tinggi dibandingkan negara maju. Di Asia, korporasi akan mencetak laba lebih tinggi sehingga mendorong aliran dana asing, katanya, hari ini.

Ichsan mengemukakan tren apresiasi mata uang akan terjadi ke yuan China (CNY), rupiah Indonesia, dolar Singapura (SGD), bath Thailand (THB), ringgit Malaysia (MYR), dan peso Philipina (PHP) terhadap dolar Amerika Serikat (US$).

Dia memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dapat menguat hingga level Rp8.500 per dolar AS pada kuartal IV/2011, dibandingkan dengan kuartal IV/2010 yang diperkirakan mencapai Rp8.900.

Penguatan mata uang berdampak positif menekan harga barang impor sehingga dapat membantu menahan inflasi. Bagi Indonesia, hal ini menguntungkan karena konsumsi barang impor di negeri ini cukup tinggi, ujarnya.

Dia mengakui penguatan mata uang juga dapat berdampak pada penurunan nilai ekspor. Namun, menurut dia pengaruh penguatan nilai tukar rupiah terhadap nilai ekspor Indonesia akan rendah. Sebanyak lebih dari 50% ekspor Indonesia adalah komoditas,saya memperkirakan kenaikan harga komoditas akan lebih tinggi daripada nilai tukar rupiah sehingga dampaknya [penguatan rupiah] ke eskportir kecil, katanya.(mmh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper