KBI bakal diprivatisasi

JAKARTA: PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), lembaga kliring berjangka pertama di Indonesia, berencana menggelar privatisasi pada tahun depan.
News Editor | 14 Desember 2010 04:50 WIB

JAKARTA: PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI), lembaga kliring berjangka pertama di Indonesia, berencana menggelar privatisasi pada tahun depan.

Rencana privatisasi tersebut sudah dimasukkan dalam rencana kerja anggaran pemerintah (RKAP) pada tahun depan.Direktur Utama PT KBI Surdiyanto Suryodarmodjo mengatakan dalam RKAP 2011 sudah dimasukkan rencana privatisasi.Saat ini tengah dalam proses pembahasan dengan konsultan, tutur dia kepada Bisnis, hari ini.Surdiyanto menambahkan hasil pembahasan dengan konsultan ini nantinya akan dibicarakan dulu dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), selanjutnya kemudian ke Kementerian BUMN. Dia menolak menjelaskan besaran porsi saham yang akan dilepas dan skema privatisasinya. Saat ini saham KBI seluruhnya dimiliki oleh kementerian BUMN.Tunggu hasil konsultan dan pembahasan lebih lanjut nantinya dengan Bappebti, selanjutnya keputusan pemegang saham, kata Surdiyanto.Dia mengatakan pertimbangan dari privatisasi ini adalah untuk meningkatkan kinerja di bidang perdagangan berjangka komoditas sebagai lembaga kliring dan di bidang sistem resi gudang sebagai pusat registrasi.Selain itu untuk mengemban amanat dalam Undang-undang No.32/1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi bahwa saham lembaga kliring berjangka dapat dimiliki oleh anggotanya, bursa berjangka, pemerintah atau lembaga keuangan yang disetujui Bappebti.(mmh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Intan Permatasari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top