Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lonjakan permintaan genjot harga emas

JAKARTA: Harga emas pada perdagangan di kawasan Asia naik terdorong permintaan investor atas logam mulia. Emas untuk pengiriman segera harganya naik sebesar 0,5% menjadi US$ 1.388 per ounce dan diperdagangkan di level US$ 1.386 pada pukul 15.33 waktu

JAKARTA: Harga emas pada perdagangan di kawasan Asia naik terdorong permintaan investor atas logam mulia. Emas untuk pengiriman segera harganya naik sebesar 0,5% menjadi US$ 1.388 per ounce dan diperdagangkan di level US$ 1.386 pada pukul 15.33 waktu Seoul.

Paladium dan perak juga mengalami kenaikan. Namun, secara umum harga logam mulia kemarin melemah 1,4% setelah naik ke rekor U$$ 1.431 pada 7 Desember 2010.Lee Joon, Pedagang Senior Woori Futures Co. Seoul, mengatakan masih ada beberapa permintaan untuk membeli setelah terjadi penurunan dalam beberapa hari terakhir.Kita tidak bisa mengatakan rally emas telah berlalu. Faktor-faktor yang mendorong kenaikan harga emas seperti aset untuk perlindungan kekayaan dan alternatif untuk nilai dolar yang lemah, masih ada, ujarnya seperti dikutip Bloomberg, hari ini.Penurunan nilai uang kertas sebesar 0,3% yang merupakan kerugian pertama dalam empat sesi terakhir, meningkatkan daya tarik logam mulia sebagai investasi alternatif.Emas, yang biasanya bergerak berbanding terbalik dengan mata uang AS, nilainya tumbuh 26% pada tahun ini.Walter de Wet, Kepala Penelitian Komoditas Standard Bank Plc. London dalam laporannya pada 8 Desember 2010 memperkirakan permintaan fisik emas tetap naik. Permintaan India [konsumer terbesar emas] harus tetap positif sampai setidaknya pertengahan Desember setelah musim pernikahan.Di lain pihak, Shanghai Gold Exchange mengemukakan impor emas China melonjak hampir lima kali lipat dalam 10 bulan pertama dari seluruh jumlah tahun lalu akibat kekhawatiran akan peningkatan inflasi. China adalah produsen emas terbesar dan pengguna terbesar kedua di dunia.Selain itu, harga perak untuk pengiriman segera naik 1% menjadi US$28,667 per ounce, menguat kembali setelah melemah 6% pada dua hari sebelumnya.Palladium untuk pengiriman segera naik 1% menjadi US$733,40 per ounce, sedangkan platinum spot sedikit berubah pada US$1.685,60 per ounce.(mmh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper