Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham BUMI Melorot Jelang Private Placement, Masih Berpotensi Rebound ke Rp300

Saham BUMI meski cenderung menurun jelang private placement masih mendapat rekomendasi beli dari satu analis.
Operasional tambang batu bara kelompok usaha Bumi Resources. Saham BUMI meski cenderung menurun jelang private placement masih mendapat rekomendasi beli dari satu analis. /bumiresources.com
Operasional tambang batu bara kelompok usaha Bumi Resources. Saham BUMI meski cenderung menurun jelang private placement masih mendapat rekomendasi beli dari satu analis. /bumiresources.com

Bisnis.com, JAKARTA - Analis menilai saham Grup Bakrie PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) prospektif seiring dengan rencana penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement pada 18 Oktober 2022.

Pada perdagangan Selasa (27/9/2022) pukul 11.13 WIB, saham BUMI turun 2,19 persen atau 3 poin menjadi Rp134. Kapitalisasi pasarnya Rp19,27 triliun dengan valuasi PER 3,86 kali.

Saham BUMI sudah ambrol 19,64 persen sepekan terakhir. Namun, saham BUMI masih menguat 101,49 persen sepanjang 2022.

Direktur Samuel Sekuritas Indonesia Suria Dharma menjelaskan bahwa akan ada investor baru masuk melalui private placement BUMI dan dana yang diperoleh akan dipakai untuk melunasi sisa debt dari BUMI (tranche B dan C).

“Hal ini akan membuat BUMI menjadi perusahaan dengan status debt free [bebas utang] serta juga memperbaiki struktur modal BUMI yang saat ini mencatatkan defisiensi modal,” jelasnya, dikutip Senin (26/9/2022).

Pelunasan utang-utang yang ada juga akan membuat BUMI menjadi perusahaan yang jauh lebih sehat, apa lagi didukung dengan statusnya sebagai produsen batu bara terbesar di Indonesia.

“Walaupun pemegang saham lama terdilusi, namun kondisi baru BUMI akan membuat valuasi BUMI berpotensi meningkat dengan membaiknya GCG dan balance sheet yang lebih bersih dan P&L yang lebih baik,” katanya.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Jonathan Guyadi dan Prasetya Gunadi dalam risetnya menunjukkan bahwa saat ini BUMI divaluasi jauh di bawah emiten setara lainnya, yaitu sebesar US$1,15/mt, jauh lebih rendah dari ADRO (US$5,63/mt) dan ITMG (US$6,73/mt).

Samuel Sekuritas Indonesia memberikan rekomendasi BUY dengan target harga di Rp305 untuk saham BUMI. 

BUMI akan melakukan private placement dengan harga sebesar Rp120 per saham. BUMI akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 200 miliar lembar saham dengan harga Rp120 per saham atau setara dengan Rp24 triliun.

Dalam private placement ini, persentase kepemilikan investor berpotensi terdilusi sebesar-besarnya 58,8 persen setelah aksi korporasi. Direktur & Corporate Secretary BUMI Dileep Srivastava memastikan tidak akan terjadi perubahan pengendali setelah private placement ini dilakukan.

"Tidak terdapat perubahan pengendali di BUMI karena kelompok usaha Bakrie tetap menjadi pengendali perseroan," ucap Dileep, Senin (26/9/2022).

Dia melanjutkan, BUMI yakin jika pemegang saham akan menyetujui rencana penyelesaian kewajiban perseroan dengan private placement karena penyelesaian kewajiban perseroan kepada kreditur akan memperbaiki kondisi keuangan BUMI.

Hal tersebut akan tercermin pada penurunan kewajiban secara signifikan yang diikuti dengan peningkatan profitabilitas akibat penurunan beban keuangan.

"Sehingga, secara langsung akan meningkatkan valuasi ekuitas perseroan walaupun terdapat penurunan persentase kepemilikan atau dilusi akibat masuknya pemodal sebagai pemegang saham baru," katanya.

Alternatif dari pelaksanaan private placement ini, lanjut dia, adalah restrukturisasi utang. Akan tetapi, dari pembicaraan sejauh ini, perseroan mungkin tidak dapat menyelesaikan restrukturisasi utang sebelum jatuh tempo utang PKPU.

Sebagai tambahan, kata Dileep, berdasarkan putusan homologasi, penyelesaian utang PKPU sangat penting untuk menghindari risiko terjadinya kebangkrutan.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper