Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aberdeen: China Penentu Pasar Global, tapi Pasar Modal Indonesia Menantang

China masih akan menjadi kunci dari perkembangan ekonomi global. Namun, Indonesia masih menjadi negara yang menarik untuk dimasuki guna mengelola aset keuangan.

Bisnis.com, JAKARTA - China masih akan menjadi kunci dari perkembangan ekonomi global. Namun, Indonesia masih menjadi negara yang menarik untuk dimasuki guna mengelola aset keuangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Head Of Global Strategy Aberdeen Standard Investments Andrew Milligan saat memberi paparan dalam 2019 Market Outlook: Investing In A World Of Uncerteinty di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Dia mengatakan, China menjadi kunci karena masih memiliki posisi penting dalam perang dagang dengan Amerika Serikat (AS). Sehingga, kebijakan yang dikeluarkan negara tersebut akan berpengaruh ke pasar modal.

"China masih menjadi kunci karena berkaitan erat dengan engara lain. Tapi ada pendukung pertumbuhan ekonomi global lainnya yakni AS, Eropa, Jepang, serta perkembangan di negara emerging market," kata dia.

Dia menambahkan, industri manajer investasi global telah berhasil menghimpun dana investor mencapai US$100 triliun. Sehingga, fund manager harus menyiapkan berbagai strategi untuk mengantisipasi perkembangan ekonomi dunia.

Sebab, kondisi global akan berpengaruh terhadap portofolio investasi. Adapun untuk Indonesia, menurutnya adalah salah satu negara yang penting untuk diperhatikan.

"Indonesia adalah komponen yang penting untuk kita perhatikan karena Indonesia masih ada Rp60 triliun investasi kami dalam bentuk saham dan obligasi," ujarnya.

Presiden Direktur PT Aberdeen Standard Investments Indonesia Omar S. Anwar menambahkan, kondisi perekonomian Indonesia memang masih cukup kuat dari sisi fundamental. Pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas keuangan.

Namun menurutnya ada faktor yang tidak bisa diantisipasi, yakni keluar masuknya devisa dari pasar modal dalam negeri. "Indonesia kuat, tapi arus devisa tidak ada yang bisa membendung. Apa yang terjadi di pasar uang global akan berpengaruh ke Indonesia," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Tegar Arief
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper