Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimisme Hasil Pemilu Paruh Waktu AS Kerek Wall Street

Pergerakan tiga indeks saham utama di bursa Wall Street Amerika Serikat (AS) berhasil menguat di wilayah positif pada perdagangan Selasa (6/11/2018)
Bursa Wallstreet/Reuters
Bursa Wallstreet/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pergerakan tiga indeks saham utama di bursa Wall Street Amerika Serikat (AS) berhasil menguat di wilayah positif pada perdagangan Selasa (6/11/2018).

Hal itu seiring dengan ekspektasi investor bahwa hasil pemilu paruh waktu akan memberikan kelegaan bagi saham setelah ketidakpastian yang berkepanjangan.

Indeks S&P 500 ditutup menguat 0,63% atau 17,14 poin di 2.755,45, indeks Dow Jones Industrial Average menanjak 0,68% atau 173,31 poin di level 25.635,01, dan indeks Nasdaq Composite berakhir naik 0,64% atau 47,11 poin di level 7.375,96.

Beberapa saham seperti CVS Health Corp dan Mylan NV didorong oleh laporan kinerja keuangan yang kuat. Meski demikian, volume perdagangan relatif tipis karena banyak investor menahan diri untuk membuat pertaruhan besar apabila hasil pemilu nanti mengejutkan.

Wall Street telah memperkirakan bahwa Partai Republik yang dipimpin Presiden Donald Trump akan kehilangan kendali di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), walaupun mempertahankan dominasinya di Senat.

“Masih ada pemikiran dalam para pelaku pasar bahwa mungkin akan ada kejutan. Kebanyakan orang menunggu untuk melihat apa hasilnya sebelum mereka membuat keputusan investasi besar,” ujar Mona Mahajan, Pakar Strategi Investasi AS, Allianz Global Investors, New York.

Sejumlah investor mengatakan mereka memperkirakan adanya aksi jual yang tajam, setidaknya dalam waktu dekat, jika Partai Demokrat menguasai kendali baik di DPR maupun Senat.

Sebaliknya, bursa saham dapat rally didorong ekspektasi pemangkasan pajak lebih lanjut jika kubu Republik mempertahankan kendali di DPR. Yang lainnya berharap bahwa hilangnya ketidakpastian tentang pemilu akan menciptakan dorongan yang baik.

“Apa yang saya perhatikan selama beberapa pekan terakhir adalah kembalinya pelaku pasar. Setelah kami melewati pemilu paruh waktu, saham biasanya naik, apa pun hasilnya, dan Anda pun melakukan pembelian," kata Jason Ware, kepala investasi di Albion Financial, seperti dikutip Reuters.

Seluruh 11 sektor utama dalam S&P menunjukkan kenaikan, dipimpin sektor indeks material yang naik sebesar 1,5%, didukung laporan kinerja keuangan.

Saham perusahaan pupuk Mosaic Co naik 10,6% dan produsen bahan bangunan Martin Marietta Materials Inc naik 8,4% setelah melaporkan kinerja yang kuat.

Sektor industri yang sensitif terhadap isu perdagangan juga ditutup naik 1,1% setelah Wakil Presiden China Wang Qishan menyatakan China siap untuk mengadakan diskusi dan bekerja sama dengan AS untuk menyelesaikan perselisihan perdagangan.

“Di luar pemilu paruh waktu, yang telah diperhitungkan, kami telah melihat beberapa tanda umum negosiasi perdagangan AS-China yang membantu sentimen,” kata Ryan Larson, kepala perdagangan ekuitas AS di RBC Global Asset Management di Chicago.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper