Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Emerging Market di Antara Genderang Fed dan Risiko Perang Dagang

Saham-saham emerging market  jatuh untuk minggu keempat. Itu terjadi setelah risalah Federal Reserve mengisyaratkan pengetatan lebih lanjut. Di sisi lain Presiden AS Donald Trump mengancam meningkatkan pertarungan dagangnya dengan China.
Ilustrasi/Bloomberg
Ilustrasi/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -- Saham-saham emerging market  jatuh untuk minggu keempat. Itu terjadi setelah risalah Federal Reserve mengisyaratkan pengetatan lebih lanjut. Di sisi lain Presiden AS Donald Trump mengancam meningkatkan pertarungan dagangnya dengan China.

Sementara itu mata uang negara berkembang dan obligasi mata uang lokal naik.

Dilansir dari laman Bloomberg, Sabtu (20/10/2018), berikut beberapa cuplikan beritanya.

Pertama, sebuah daftar tokoh yang menghindari konferensi investasi Arab Saudi meluas karena laporan bahwa Khashoggi, jurnalis dan kritikus pemerintah,  telah disiksa dan dibunuh oleh agen Saudi di konsulat negara di Istanbul. Goldman Sachs Group Inc. dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin membatalkan kehadirannya.

Kedua, Turki menjual obligasi berdenominasi dolar untuk pertama kalinya dalam enam bulan, mengumpulkan $2 miliar, karena turbulensi yang mengunci ekonomi terbesar Timur Tengah dari pasar modal internasional berkurang, dan patokan Borsa Istanbul 100 index menurun.

Ketiga, Rubel Rusia memperpanjang kenaikan untuk minggu kedua, sementara imbal hasil obligasi 10 tahunnya turun.

Adapun, pemicunya adalah Departemen Kehakiman AS menuduh seorang warga Rusia karena diduga menjadi salah satu dalang di balik konspirasi untuk ikut campur dalam pemilu 2016 dan 2018.

Menjawab kondisi tersebut, Menteri Keuangan Anton Siluanov mengatakan, Rusia memangkas penggalangan dana lokal 1,2 triliun rubel Rusia pada 2018, dan Rusia tidak memiliki rencana untuk menjual Eurobonds karena investor “gelisah” atas utang negara.

Selain itu, Indeks MOEX Rusia turun untuk minggu ketiga; Yandex, perusahaan internet terbesar di Rusia, jatuh setelah laporan surat kabar bahwa Sberbank yang dikelola negara sedang dalam perbincangan karena pihak berwenang melihat Yandex terlalu independen

Ketiga, Bank sentral Hongaria mempertahankan tingkat kebijakannya dan memutuskan untuk tidak mengubahnya meski inflasi lebih cepat dari perkiraan setelah menyatakan akhur dari stimulus sudah dekat.

Keempat, Afrika Selatan FTSE / JSE Afrika. Semua Indeks Saham meluncur pada minggu keempat, ditimbang oleh penambang Anglo American dan BHP Billiton

Adapun, pada minggu kedua bulan ini The Rand menyatakan keuntungannya disebabkan oleh pembeli asing yang kembali ke pasar obligasi Afrika Selatan, sedangkan pedagang opsi mengurangi taruhan bearish pada mata uangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Richard
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper