Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Per September 2018, Penjualan Semen Indonesia Naik 5%  

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) membukukan kenaikan penjualan sebesar 5% pada periode Januari—September 2018 menjadi 23,76 juta ton.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) membukukan kenaikan penjualan sebesar 5% pada periode Januari—September 2018 menjadi 23,76 juta ton.

Corporate Secretary Semen Indonesia Agung Wiharto menyampaikan, pada Januari—September 2018 grup Semen Indonesia mencatatkan penjualan semen sebesar 23,76 juta ton. Volume itu meningkat 5% year-on-year (yoy).

Perinciannya, penjualan di dalam negeri sejumlah 19,62 juta ton, naik 1,5% yoy, ekspor  2,22 juta ton, dan penjualan dari Thang Long Cement Company  Vietnam (TLCC) sebesar 1,92 juta ton.

“Jadi penjualan dari pabrik di Indonesia untuk pasar domestik dan ekspor mencakup 21,84 juta ton, naik 4,5% yoy,” tuturnya saat dihubungi, Jumat (12/10/2018). 

Untuk pasar ekspor perusahaan menetapkan dua sistem penentuan harga, yakni spot dan kontrak. Komposisinya cenderung berimbang 50:50. 

Agung menyebutkan, pada semester II/2018 penjualan semen lebih tinggi karena perusahaan konstruksi cenderung menggenjot operasional proyek. Periode sibuk ini diperkirakan berlangsung sampai dengan November, setelah itu kembali menurun pada Desember karena liburan dan perkiraan cuaca hujan.

“Biasanya April dana proyek dari pemerintah baru turun sehingga peningkatan pengerjaan proyek dan konsumsi semen meningkat pada semester II/2018,” ujarnya. 

Dari sisi jenis produk, pertumbuhan permintaan semen curah lebih tinggi dibandingkan semen kantongan. Namun, permintaan semen curah kontribusinya lebih kecil, yakni berkisar 30%.

Agung menambahkan, sampai dengan akhir 2018 perusahaan menargetkan pertumbuhan penjualan 5% dibandingkan pencapaian 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper