Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minyak Dunia Tinggi, AKRA Bakal Lebih Cepat Distribusikan BBM Impor

PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) berupaya meredam fluktuasi harga minyak global dengan langsung mendistribusikan BBM yang diimpor.
Ilustrasi./IST
Ilustrasi./IST

Bisnis.com, JAKARTA - PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) berupaya meredam fluktuasi harga minyak global dengan langsung mendistribusikan BBM yang diimpor.

Head of Investor Relation PT AKR Corporindo Tbk. Ricardo Silaen menyampaikan, pihaknya belum mendapat informasi mengenai rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak. Dirinya mengakui baru mengetahui informasi tersebut melalui berita yang beredar di media massa.

"Saya sih belum dengar [informasi kenaikan harga BBM], kecuali yang di berita," tuturnya saat dihubungi, Rabu (10/10/2018).

Oleh karena itu, dia pun belum mendapatkan informasi terkait kegalauan pemerintah yang ingin menaikkan harga BBM jenis premium, kemudian membatalkannya.

Sebelumnya, Presiden Direktur AKR Corporindo Haryanto Adikoesoemo menyampaikan, untuk meredam fluktuasi harga minyak global, perusahaan langsung mendistribusikan BBM yang diimpor. Misalnya, AKRA mengimpor BBM pada tanggal 1-14 Agustus, maka perseroan langsung menjualnya pada tanggal yang sama ke pelanggan.

Strategi ini selain untuk meredam fluktuasi harga minyak juga ampuh sebagai katalis penguatan dolar AS terhadap rupiah. Sekitar 80% pendanaan dipertahankan dalam dolar AS, sedangkan 20% dikonversi ke rupiah.

“Ini berjalan sejak kami pertama kali bisnis BBM pada Oktober 2005. Jadi kami tetap tumbuh meskipun dolar dan harga minyak fluktuatif,” ujarnya.

Menurutnya, 90% distribusi BBM AKRA dilakukan kepada segmen industri, sedangkan ritel melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hanya 10%. Namun, kontribusi ritel dapat meningkat seiring dengan kerja sama perseroan dengan British Petroleum (BP) Global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper