Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah 10 Tahun, Perusahaan Keluarga Ini Resmi Jadi Penghuni Baru Lantai Bursa

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. memasuki babak baru, dengan melepas kepemilikan saham kepada publik. 
Ilustrasi/garudafood.com
Ilustrasi/garudafood.com

Bisnis.com, JAKARTA--PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. memasuki babak baru, dengan melepas kepemilikan saham kepada publik. 

Komisaris Utama Garudafood Sudhamek Agoeng mengatakan, Garudafood telah merencanakan untuk melakukan initial public offering sejak 10 tahun silam. Namun, rencana itu baru terealisasi saat ini.

Melalui IPO, Garudafood berhasil meraih dana senilai RP979,48 miliar. Garudafood menerbitkan saham baru sebanyak 762,84 juta termasuk saham yang diterbitkan kepada Pelican Company Ltd. sebanyak 727,84 juta dalam dalam rangka konversi mandatory convertible bond (MCB).

"IPO merupakan milestone bagi perusahaan keluarga. Ini tahapan baru, karena harus ada transformasi dari perusahaan keluarga menjadi perusahaan terbuka," katanya, Rabu (10/10/2018).

Sudhamek menuturkan, transformasi yang harus dilakukan adalah meningkatkan transparansi dan good corporate governance (GCG). Perusahaan makanan dan minuman ini memilih sandi saham GOOD dan berharap keberadaan di BEI menjadi awal yang baik.

Direktur dan Corporate Secretary Garudafood, Paulus Tedjosutikno mengatakan sebagai produsen produk makanan dan minuman, Garudafood mencatatkan kinerja yang sangat solid. Selama periode 4 bulan hingga April 2018, penjualan tercatat naik 13,5% menjadi Rp2,9 triliun dari Rp2,5 triliun untuk periode yang sama pada 2017.

Laba bersih GOOD tumbuh 136% menjadi Rp222,5 miliar selama periode 4 bulan hingga April 2018 dibandingkan dengan periode yang sama pads 2017 sebesar Rp94,5 miliar. Total aset Garudafood per 30 April 2018 tercatat Rp4,3 triliun atau tumbuh 22,6% dibandingkan posisi per 31 Desember 2017 sebesar Rp3,5 triliun.

Kinerja keuangan yang baik dari Garudafood didukung dengan produk–produk yang digemari oleh masyarakat. Garudafood saat ini memproduksi dan menjual produk makanan dan minuman di bawah lima merek unggulannya yaitu Gery, Garuda, Chocolatos, Leo dan Clevo. 

Produk-produk tersebut meliputi biskuit, kacang, pilus, keripik, confectionery, minuman susu dan serbuk coklat dengan total sekitar 100 SKU per 30 April 2018. Garudafood saat ini telah melakukan penjualan ekspor ke lebih dari 20 negara dengan fokus pada negara-negara ASEAN, China dan India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper