Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PNM Rilis Reksa Dana Penerbitan Terbatas Rp390 Miliar

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM) menerbitkan reksa dana penerbitan terbatas (RDPT) senilai Rp390 miliar.

Bisnis.com JAKARTA -- PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM) menerbitkan reksa dana penerbitan terbatas (RDPT) senilai Rp390 miliar.

Berdasarkan pengumuman dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), PNM merilis MTN PT Permodalan  Nasional Madani (Persero) XVIII Tahun 2018 Seri A pada 27 September 2018.

MTN ini tercatat memiliki tingkat bunga 9,25% yang akan dibayarkan secara triwulanan dengan tenor 24 bulan.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan pendanaan tersebut rencananya akan digunakan untuk modal kerja pada program Unit Layanan Modal Mikro (Ulamm) dan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

“Hingga akhir tahun, PNM masih membutuhkan dana sekitar Rp1,8 triliun -- Rp2 triliun,” katanya kepada Bisnis, Jumat (28/9).


Sementara ini, lanjutnya, PNM masih mengandalkan pendanaan yang tersedia seperti dari beberapa loan committed unsued (LCU) bank, pinjaman pemerintah, dan fasilitas baru. “ Bila diperlukan, kami akan lakukan penerbitan MTN kembali. Sementara sudah cukup tersedia,” katanya.

Adapun untuk modal kerja pembiayaan PNM Ulamm dan PNM Mekaar berasal dari kas internal termasuk dari angsuran nasabah ultra mikro dan pengusaha menengah dan kecil.

Saat ini, porsi sumber dana PNM masih didominasi oleh capital market, seperti obligasi dan MTN sebesar 65% -- 75 %.

“Karena [MTN] prosesnya lebih cepat. Investor potensialnya juga lebih banyak,” katanya.

Hingga Agustus 2018, PNM telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp7,13 triliun, tumbuh 120% jika dibandingkan periode yang sa pada tahun lalu.

Berdasarkan laporan OJK pada Agustus 2018, PNM mencatatkan pendapatan usaha senilai Rp1,85 triliun, tumbuh 58,12%. Sementara laba periode berjalan PNM senilai Rp28 miliar meningkat 250% dibanding Agustus 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper