Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Dongkrak Bursa Eropa

Penguatan harga minyak dan saham pertambangan mendorong bursa saham Eropa naik pada perdagangan Rabu (12/9/2018).
Bursa Eropa/Reuters
Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Penguatan harga minyak dan saham pertambangan mendorong bursa saham Eropa naik pada perdagangan Rabu (12/9/2018).

Indeks Stoxx 600 naik 0,5%, meskipun bursa saham Asia melemah setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan sikap keras AS terhadap dengan China dalam hal perdagangan.

Saham perusahaan minyak naik 1,6% setelah harga Brent mencapai level US$$80 per barel menyusul penurunan persediaan minyak mentah AS dan saat sanksi terhadap Iran menambah kekhawatiran seputar pasokan global. Saham pertambangan pun naik 1,3%.

“Kami pikir ada kemungkinan bahwa aksi jual pasar ekuitas, terutama di zona waktu Eropa, akan melambat atau bahkan berbalik untuk sementara,” terang pakar strategi RBC, seperti dikutip Reuters.

“Sementara 'gesekan perdagangan' dan persepsi melambatnya pasar Asia sebagai akibatnya terlihat, tampaknya ada banyak pembelian untuk aset risiko pada tahap ini juga,” lanjutnya.

Saham perusahaan bioteknologi Belanda, Galapagos, melonjak 17,6% setelah hasil uji coba positif untuk obat perawatan rheumatoid arthritis.

Saham pemilik Zara, Inditex, naik 4,1% setelah peritel fesyen ini mengatakan pihaknya memperkirakan pertumbuhan margin laba di paruh kedua.

Saham Salvatore Ferragamo naik 4,1% di tengah spekulasi rumor kemungkinan pengambilalihan. Namun keluarga yang mengendalikan kelompok mode ini tidak tertarik untuk menjual sahamnya, menurut juru bicara grup itu.

Adapun saham Hermes naik 4% setelah produsen tas asal Prancis ini melaporkan rekor margin untuk paruh pertama. "Hermes menyampaikan serangkaian hasil yang solid. Yang penting, perusahaan mencatat kontribusi positif terhadap laba dari permintaan yang kuat di China," tulis analis Berenberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper