Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Juli 2018, Utilisasi Wintermar Offshore Marine (WINS) Capai 65%

Tingkat utilisasi PT Wintermar Offshore Marine Tbk. naik dari posisi 64% pada akhir semester I/2018 menjadi 65% per Juli 2018 sejalan dengan tambahan kontrak baru yang diperoleh perseroan.
Ilustrasi/wintermar.com
Ilustrasi/wintermar.com

Bisnis.com, JAKARTA — Tingkat utilisasi PT Wintermar Offshore Marine Tbk. naik dari posisi 64% pada akhir semester I/2018 menjadi 65% per Juli 2018 sejalan dengan tambahan kontrak baru yang diperoleh perseroan.

Direktur Keuangan Wintermar Offshore Marine Janto Lili mengatakan tingkat utilisasi WINS kembali naik menjadi 65% pada akhir Juli 2018. Kondisi tersebut didukung oleh tingkat utilisasi kapal high tier yang menembus 90%.

Janto mengatakan sejumlah kontrak telah banyak dimulai pada kuartal II/2018. Hal tersebut menjadi penopang meningkatnya tingkat utilisasi armada khususnya mid tier dan high tier. 

Dengan demikian, tingkat utilisasi emiten berkode saham WINS itu naik dari posisi akhir semester I/2018. Tercatat, tingkat utilisasi per 30 Juni 2018 sebesar 64%.

Kendati demikian, Janto menyebut tingkat utilisasi per Juli 2018 lebih rendah dibandingkan dengan posisi kuartal I/2018. Pasalnya, perseroan mampu mencapai tingkat utilisasi 70% pada akhir maret 2018.

“[Penyebab utilisasi Juli 2018 lebih rendah dari kuartal I/2018] karena ada beberapa proyek di luar negeri telah selesai. Kami sedang mencoba ikut tender lagi untuk kuartal III/2018 dan kuartal IV/2018,” ujarnya di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Dia menjelaskan bahwa perolehan kontrak baru akan sejalan dengan pertumbuhan tingkat utilisasi armada perseroan. Sampai dengan akhir tahun ini, WINS mengincar tingkat utilisasi 70%.

Di sisi lain, Janto menyebut tren harga sewa kapal masih tertekan sampai dengan akhir 2018. Kondisi itu sejalan dengan pasokan yang masih lebih besar dari permintaan kapal.

Supply masih lebih banyak tetapi kalau ke depan semua sudah bekerja diharapkan harga sewa bisa membaik lagi,” imbuhnya.

Pihaknya menyatakan optimistis akan terjadi kenaikan harga sewa kapal pada 2019. Namun, pihaknya mengaku belum memiliki perhitungan lebih detail mengenai besarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper